BeritaPasaman BaratSumatera Barat

BLK Pasaman Barat Adakan Pelatihan Berbasis Kompetensi

160
×

BLK Pasaman Barat Adakan Pelatihan Berbasis Kompetensi

Sebarkan artikel ini
Blk Pasaman Barat Adakan Pelatihan Berbasis Kompetensi
BLK Pasaman Barat Adakan Pelatihan Berbasis Kompetensi tahun 2024. (f/pemkab pasbar)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pemkab Pasbar) melalui Dinas Ketenagakerjaan dan UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) memberikan pembekalan keterampilan kepada masyarakat melalui Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahun 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pasbar, Hendra Putra, membuka secara resmi pelatihan ini di Kantor BLK Pasbar Giri Maju, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, pada Jumat (12/1/2024).

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Saat membuka pelatihan, Sekda Hendra Putra meminta kepada para peserta agar mengikuti pelatihan dengan serius, karena ilmu yang diperoleh dari kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat diaplikasikan di dunia kerja nantinya.

“Pelatihan ini dilakukan untuk mengupgrade skill, pengetahuan, mengasah sikap, etika, dan perilaku peserta, dengan tujuan menjembatani program pemerintah dalam mengentaskan pengangguran, baik disebabkan lepas pendidikan ataupun berusaha mandiri,” jelas Hendra Putra.

Selain itu, ia mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan sesuai bidang kejuruan masing-masing peserta serta meningkatkan keterampilan masyarakat pada usia produktif yang nantinya menjadi bekal dalam dunia kerja.

“Dengan keterampilan yang telah dimiliki nanti, diharapkan peserta dapat menumbuhkan jiwa wirausaha mandiri serta terwujudnya kualitas sumber daya manusia yang terampil, kompeten, dan produktif pada bidang masing-masing kejuruan,” katanya.

Kepala UPTD BLK Pasbar, Erwanzi, melaporkan bahwa acara pembukaan pelatihan berbasis kompetensi tahap 1 tahun anggaran 2024 terdiri dari tiga paket pelatihan. Paket-paket tersebut melibatkan kejuruan TIK dengan program Practical Office Advance, kejuruan Teknik Listrik dengan program Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana, dan kejuruan Teknik Otomotif dengan program Servis Sepeda Motor Injeksi.

“Pelatihan ini berlangsung selama 33 hari, mulai tanggal 15 Januari 2024 sampai dengan 5 Maret 2024, dengan peserta pelatihan masing-masing 16 orang per kejuruan,” jelasnya.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT