Jawa TengahPramukaTNI

Dandim 0708 Purworejo Pimpin Kemah Alih Golongan Penggalang ke Penegak SMK Sawunggalih Kutoarjo

231
×

Dandim 0708 Purworejo Pimpin Kemah Alih Golongan Penggalang ke Penegak SMK Sawunggalih Kutoarjo

Sebarkan artikel ini
Dandim 0708 Purworejo Pimpin Kemah Alih Golongan Penggalang Ke Penegak Smk Sawunggalih Kutoarjo
Dandim 0708 Purworejo, Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo Pimpin Kemah Alih Golongan Penggalang ke Penegak SMK Sawunggalih Kutoarjo. (f/pendim)

MJNews.id – Ketua Majelis Pembimbing Saka Pramuka (Kamabisaka), Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo selaku Komandan Kodim (Dandim) 0708 Purworejo,membuka acara kemah alih golongan penggalang ke penegak SMK Sawunggalih Kutoarjo di lapangan Desa Tersidi Lor Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Rabu (30/08/2023).

Kemah alih golongan dilaksanakan selama tiga hari dan diikuti oleh 467 siswa kelas X SMK Sawunggalih. Pelantikan diawali dengan penyematan tanda peserta kemah alih golongan kepada dua perwakilan peserta oleh Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo dalam sambutanya menyampaikan kegiatan perkemahan saka wira kartika bertujuan untuk membentuk generasi muda bangsa yang berkepribadian serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan kebinekaan tunggal ika dengan semangat bela negara di masa depan.

“Generasi muda harus memiliki mental kuat, tekun, disiplin, inovastif dan pekerja keras untuk dapat mendorong kemajuan bangsa dan negara,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dandim menambahkan, pramuka bukan sebatas aktifitas berkemah dan belajar ketrampilan bertahan di alam terbuka. Jadikan pramuka sebagai sekolah kehidupan tempat di mana bekerja sama, tanggung jawab, disiplin, dan semangat pantang menyerah yang akan membimbing dalam menghadapi berbagai tantangan dan rintangan di masa depan.

“Saya berharap para peserta selama mengikuti perkemahan ini dapat di jadikan bekal dalam mengarungi kehidupan mendatang yang masih sangat panjang serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hak dan kewajiban bela negara,” imbuhnya.

Sementara Maria Margareta Kiswati selalu Waka kesiswaan SMK Sawunggalih mengatakan kemah alih golongan ini untuk menyelaraskan siswa dengan alam dan bekerja sama, membantu satu sama yang lain, disiplin serta mandiri sehingga bisa mengembangkan yang menjadi tanggung jawab dan kemandirian mereka.

“Harapan kami mereka bisa mengembangkan diri mereka, bela negara, dengan 5 krida yang di ajarkan dalam saka wira kartika.Pendampingan yang di lakukan oleh anggota Kodim Purworejo bisa terus berkelanjutan sehingga bisa termotivasi dengan baik dan mengembangkan dengan semaksimal mungkin,” pungkasnya.

(fix)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT