Jawa TimurOlahragaParlemen

LaNyalla Buka Liga Muaythai Piala Pangdam V Brawijaya

286
×

LaNyalla Buka Liga Muaythai Piala Pangdam V Brawijaya

Sebarkan artikel ini
LaNyalla Buka Liga Muaythai Piala Pangdam V Brawijaya
LaNyalla Buka Liga Muaythai Piala Pangdam V Brawijaya. (f/dpd)

Mjnews.id – Ketua Umum Pengurus Besar Muaythai Indonesia (PB MI) yang juga Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengatakan filosofi beladiri Muaythai harus menjadi karakter bangsa.

“Salah satu filosofi dari bela diri Muaythai adalah pelajaran untuk tidak mudah menyerah. Tetap bertahan dan berusaha. Filosofi ini harus menjadi karakter bangsa kita, bangsa kita harus tetap jangan menyerah dalam menghadapi apapun,” ujar LaNyalla saat membuka Liga Muaythai Seri 3, Piala Pangdam V Brawijaya, di Surabaya, Sabtu (17/6/2023).

Menurut pria berdarah Bugis itu, di dalam olahraga bela diri, terdapat banyak manfaat. Selain menyehatkan fisik dan mental, juga melatih olah pikir dan olah nafsu. Sebab di dalam bela diri harus ada keseimbangan emosi dan mental, serta kekuatan fisik.

“Ini sangat penting bagi generasi muda. Dari olahraga ini, para remaja dan generasi muda dapat belajar menghormati diri mereka sendiri dan juga orang lain. Mereka juga belajar konsentrasi lebih tinggi dan meningkatkan disiplin diri. Jadi bukan hanya sekadar pertandingan,” tutur dia.

Dalam kesempatan itu, LaNyalla mengapresiasi Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran serta sumber daya di KODAM V Brawijaya untuk mensukseskan Liga Muaythai Seri 3.

“Saya yakin, kepedulian dan kesediaan Bapak Pangdam karena didorong oleh kesadaran bahwa olahraga bela diri prestasi, selalu memberi kontribusi positif bagi para pegiatnya,” tukas LaNyalla.

Selain itu, LaNyalla juga mengapresiasi Pengurus Muaythai Jawa Timur yang telah membuktikan diri mampu menjalankan roda organisasi dan pembinaan atlit-atlit Muaythai Jawa Timur untuk terus berkiprah dalam Turnamen, Kejurda, Porprov, maupun Puslatda untuk persiapan PON Sumut dan Aceh tahun depan.

Disampaikan pula oleh Mantan Ketum PSSI itu, cabang olahraga Muaythai telah ditetapkan sebagai salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Olimpiade 2024 di Paris, Perancis.

“Untuk itu sangat penting bagi kita memanfaatkan peluang emas ini dengan mulai mencari bibit-bibit atlit yang berbakat, yang diharapkan dapat mewakili Indonesia di ajang internasional. Sehingga event-event seperti ini, baik turnamen, kejuaraan atau liga series, harus mendapat dukungan dari semua pihak,” paparnya.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600