Kemendagri

Ditjen Dukcapil Hadir di Indonesia Maju Expo dan Forum 2023

315
×

Ditjen Dukcapil Hadir di Indonesia Maju Expo dan Forum 2023

Sebarkan artikel ini
Sesditjen Dukcapil Hani Syopiar Rustam Ikut Menyampaikan Pelayanan Dokumen Adminduk Dan Aktivasi Ikd
Sesditjen Dukcapil Hani Syopiar Rustam ikut menyampaikan pelayanan dokumen Adminduk dan aktivasi IKD di Indonesia Maju Expo dan Forum 2023. (f/dukcapil)

Mjnews.id – Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri ikut ambil bagian dalam gelaran Indonesia Maju Expo dan Forum 2023. Forum ini diselenggarakan oleh Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, di Parkir Selatan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, 1-4 Juni 2023.

Pada kegiatan yang bertujuan antara lain mengisi Bulan Pancasila sekaligus ikhtiar Kemendagri mendorong pemulihan ekonomi ini, Dirjen Polpum Bahtiar meminta dukungan Ditjen Dukcapil dalam pelayanan aktivasi KTP Digital dan pelayanan administrasi kependudukan lainnya.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi kemudian memerintahkan Sesditjen, Hani Syopiar Rustam menurunkan tim pelayanan keliling untuk mengisi stand Ditjen Dukcapil memberikan pelayanan Adminduk dan aktivasi aplikasi identitas kependudukan digital (IKD).

Dirjen Teguh Setyabudi menyampaikan, aplikasi IKD sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, karena dapat meminimalkan penggunaan berkas fisik dalam mengurus layanan publik.

Identitas digital saat ini sudah diterapkan di 514 kabupaten/kota, sehingga masyarakat akan sangat dimudahkan, semua layanan publik bisa diakses dari smartphone dan tidak perlu lagi memegang KTP-el secara fisik.

“Seperti kalau kita membuka rekening bank, rekening kita kan ada di hape sekarang transaksi di hape, beli apa-apa di hape, transfer uang di hape. Kalau dulu harus datang ke counter. Nah, itulah yang kita pindahkan dari KTP manual menuju KTP digital, seperti buku rekening bank yang kita pegang, bukunya dipindah ke hape,” jelas Dirjen Teguh Setyabudi.

Dalam pelaksanaan pelayanan di Taman Mini, Sesditjen Dukcapil Hani Syopiar Rustam ikut menyampaikan pelayanan dokumen Adminduk dan aktivasi IKD mudah, cepat dan langsung jadi. Ikut pula dalam pelayanan, tim dari Dinas Dukcapil DKI Jakarta.

“Sambil berlibur dan wisata di Miniatur Indonesia masyarakat dapat mengurus dokumen Adminduk dan mengaktifkan IKD atau KTP digital,” kata Hani.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Umum Suwandi sebagai koordinator tim, seluruh pelayanan adminduk dan IKD atau KTP Digital dari Kemendagri ini tidak dipungut biaya alias gratis dan tanpa calo. “Masyarakat silakan gunakan kesempatan ini mumpung lagi wisata ke Taman Mini sekalian mampir ke booth kami,” ajak Suwandi.

Sejak Kamis (1/6/2023) hingga Sabtu (3/6/2033), petugas yang melayani antrean pemohon sudah berhasil mengaktivasi 147 KTP digital serta mencetak 10 KTP-el.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT