banner pemkab muba
Kemensos

Kemensos Bantu Pengungsi Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki

130
×

Kemensos Bantu Pengungsi Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki

Sebarkan artikel ini
Kemensos Bantu Pengungsi Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki
Kemensos Bantu Pengungsi Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. (f/humas)

Mjnews.id – Kementerian Sosial (Kemensos) aktif dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak oleh erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Bantuan tersebut meliputi makanan siap saji, kasur, selimut, perlengkapan keluarga dan anak-anak, berbagai jenis tenda, serta perlengkapan sanitasi dan perlindungan diri.

Tingginya aktivitas erupsi gunung menyebabkan sejumlah besar orang mengungsi ke pos pengungsian di Kantor Camat Wulanggitang. Kementerian Sosial, melalui Sentra Efata Kupang dan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, telah menyalurkan bantuan ke pos pengungsian tersebut.

“Kementerian Sosial melalui Sentra Efata Kupang sudah hadir di tengah-tengah pengungsi dan terus memberikan bantuan,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Sentra Efata Kupang Tota Oceanna Zonneveld, Senin (8/1/2024).

Bantuan juga disalurkan melalui Dinas Kabupaten Sikka, Dinas Sosial Kabupaten Lembata, dan Dinas Sosial Kabupaten Flores Timur, dengan berbagai jenis bantuan seperti makanan siap saji, perlengkapan anak-anak, kasur, selimut, tenda, dan perlengkapan dapur umum.

Kementerian Sosial telah mendirikan posko pengungsian di depan kantor Desa Konga, kecamatan Titehana, yang berada pada radius 15 km dari titik erupsi gunung. Lebih dari 1.100 orang telah mengungsi di posko ini, termasuk kelompok rentan yang diberikan perhatian khusus.

Upaya bantuan Kementerian Sosial tak berhenti setelah penyaluran bantuan logistik. Dapur umum tetap beroperasi selama diperlukan, dan tim dari Sentra Efata masih berada di lapangan hingga masa darurat berakhir, yang diperkirakan akan berlangsung selama 14 hari.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600