Nasional

Bentrok TNI-Polri, Pengamat Intelijen: Jangan Ada yang Bermain Jelang Pemilu 2024

212
×

Bentrok TNI-Polri, Pengamat Intelijen: Jangan Ada yang Bermain Jelang Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Pengamat Intelijen, Pertahanan Dan Keamanan, Ngasiman Djoyonegoro
Pengamat Intelijen, Pertahanan dan Keamanan, Ngasiman Djoyonegoro. (f/ist)

Mjnews.id – Beberapa waktu ini terjadi bentrok antara anggota TNI-Polri di berbagai daerah. Terbaru 30 April 2023, terjadi peristiwa pengeroyokan terhadap anggota Polres Merauke yang diduga dilakukan oleh oknum anggota TNI Denzipur 11/MA di Merauke Papua Selatan.

Sebelumnya juga terjadi kejadian-kejadian bentrok antara Anggota TNI-Polri di Kota Kupang NTT berawal dari pertandingan futsal, penyerangan rumah Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma yang dilakukan sekelompok orang tak dikenal (OTK), dan juga penyerangan kantor Polres Jeneponto, Sulawesi Selatan, Kamis (27/04/2023).

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Menanggapi hal itu, Pengamat Intelijen, Pertahanan dan Keamanan, Ngasiman Djoyonegoro menyatakan sangat prihatin dan menyayangkan terjadinya bentrok TNI-Polri pada momentum yang sangat sakral bagi bangsa Indonesia, yaitu Hari raya Idul Fitri atau Lebaran.

Karena dalam momentum besar rakyat Indonesia ini sangat diperlukan soliditas dan sinergitas TNI-Polri di seluruh Indonesia.

Selain itu pengamat yang akrab disapa Simon ini menyampaikan, bahwa dari waktu ke waktu pada masa pemerintahan Presiden Jokowi, Panglima TNI dan Kapolri sudah bekerja keras menjaga soliditas dan sinergitas TNI-Polri. Jangan sampai, hal itu dirusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Momen lebaran, momen suka cita rakyat Indonesia jangan dikotori oleh kejadian bentrok aparat yang mengganggu ketenangan. Apalagi sampai ada pihak-pihak yang bermain menjelang pemilu dan pilpres 2024,” tegas Simon dalam keterangan tertulisnya, Senin 1 Mei 2023.

Simon yang juga Penulis buku “Soliditas dan Sinergisitas TNI-POLRI Dalam Rangka Menjaga Persatuan dan Keutuhan Bangsa, edisi pertama 2019/edisi revisi 2023” menambahkan, berbagai insiden yang terjadi baru-baru merupakan ujian soliditas dan sinergitas TNI-Polri.

Selain itu demi tegaknya hukum harus diusut tuntas oleh tim gabungan TNI-Polri. Langkah itu untuk menunjukkan soliditas dan sinergitas TNI-Polri yang tidak akan terganggu oleh kejadian apapun.

Menurut Simon, membangun soliditas dan sinergitas dengan seluruh komponen bangsa merupakan pilar penting dalam pembangunan Indonesia. Apalagi unsur TNI-Polri sebagai pertahanan dan keamanan negara.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kesatuan dan persatuan adalah prasyarat utama. Sinergi seluruh elemen bangsa, akan menghantarkan kita mampu mengolah potensi-potensi unggulan nasional untuk membangun pertahanan-keamanan negara yang kuat dan tangguh.

“Insiden-insiden yang terjadi baru-baru ini merupakan ujian soliditas dan sinergitas TNI-Polri. Saya yakin dalam kepemimpinan Panglima TNI dan Kapolri saat ini akan melewatinya dengan baik, demi mendukung Indonesia Maju, Indonesia Emas 2045,” tutup Simon yang juga Rektor Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal (ISTA) Jakarta.

(eki)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT