Nasional

Gempa Bumi M6,0 Guncang Kupang NTT Tak Berpotensi Tsunami

197
×

Gempa Bumi M6,0 Guncang Kupang NTT Tak Berpotensi Tsunami

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Gempa
Ilustrasi gempa.

MJNEWS.ID – Gempa Bumi dengan kekuatan Magnitudo (M)6,0 mengguncang laut sawu, Kabupaten Kupang, Nusantara Tenggara Timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan Gempa Bumi yang mengguncang di laut sawu, Kabupaten Kupang, Nusantara Tenggara Timur (NTT) itu, tidak berpotensi Tsunami.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

BMKG menyatakan bahwa Gempa Bumi tersebut diwilayah Pantai Barat Laut, Kabupaten Kupang, NTT, yang terjadi pada Selasa 25 Juli 2023 pagi, sekitar pukul 7:25 WIB.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan Gempa Bumi ini memiliki parameter update dengan Magnitudo (M)5,7,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono, dikutip mjnews.id dari keterangannya di Jakarta, pada Selasa 25 Juli 2023.
 
Episenter Gempa Bumi itu terletak di koordinat 9,26 Lintang Selatan, 123,96 Bujur Timur, tepatnya berokasi di laut pada jarak 4 Kilometer arah Barat Laut Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur dengan kedalaman 67 kilometer

Menurutnya jenis dan mekanisme Gempa Bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, Gempa Bumi yang terjadi merupakan jenis Gempa Bumi menengah akibat adanya aktivitas tumbukan lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault),” pungkas Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT