Nasional

NTT Diguncang Gempa Bumi dengan Kekuatan Magnitudo 5,8

231
×

NTT Diguncang Gempa Bumi dengan Kekuatan Magnitudo 5,8

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Gempa
Ilustrasi gempa.

Mjnews.id – Gempa Bumi dengan kekuatan Magnitudo (M) 5,8 pada Rabu 15 Agustus 2023 hari ini mengguncang wilayah Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berdasarkan laporan dari BMKG, Gempa Bumi yang mengguncang NTT tersebut terjadi pada pukul 10:54 WIB di wilayah Pantai Selatan Ende.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa Gempa Bumi ini memiliki parameter update dengan Magnitudo (M) 5,6.

BMKG menyatakan Gempa Bumi yang menggunakan NTT itu, terletak di kordinat 8,81 Lintang Selatan (LS), 121,49 Bujur Timur (BT) tepatnya di lokasi laut pada jarak 19 Kilometer (Km) Barat Laut Ende, wilayah Nusa Tenggara Timur dengan kedalaman 128 Kilometer (Km).

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan mengenai jenis dan mekanisme Gempa Bumi yang mengguncang NTT yang terjadi pada 15 Agustus 2023 hari ini.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya deformai batuan akibat mekanisme “slab-pull ” pada lempeng Indo-Australia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault),” kata Daryono.

Dia menjelaskan terkait dampak Gempa bumi ini dirasakan di Waingapu, Ende dengan skala intensitas III – IV MMI, bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah seperti Sumbawa, Dompu, Kota Bima, Kab. Bima, Ngada, Mataram, Lombok Timur, Sumbawa Barat III MMI.

Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu Gianyar, Denpasar, Bajawa II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami,” tutupnya.

(***)

Kami Hadir di Google News