ParlemenHajiKemenag

Diah Pitaloka Minta Kemenag Pastikan Kenyamanan dan Keselamatan Jemaah Haji

183
×

Diah Pitaloka Minta Kemenag Pastikan Kenyamanan dan Keselamatan Jemaah Haji

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka. (f/ist)

Mjnews.id – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka meminta Kementerian Agama (Kemenag) RI agar insiden tertahannya jemaah haji Indonesia di Muzdalifah hingga mengakibatkan kelaparan dan kehausan tidak terulang kembali.

Legislator Fraks PDI Perjuangan itu meminta Kemenag memastikan kenyamanan dan keselamatan jemaah haji di sisa waktu pelaksanaan ibadah haji.

“Bagaimana pun penyelenggaraan haji Indonesia adalah wilayah tanggung jawab Kemenag. Segala sesuatu yang terjadi baik di Arab Saudi dan di Tanah Air akan menjadi bahan evaluasi kedepan,” ujar Diah, Rabu (28/6/2023).

Saat ini jemaah haji tengah melaksanakan ritual lontar jumrah di Mina sampai 13 Dzulhijjah. Menurut Diah, lontar jumrah merupakan salah satu tahapan yang cukup berat mengingat jarak maktab yang relatif jauh serta cuaca panas terik, sehingga dibutuhkan ketahanan stamina bagi jemaah dan juga petugas haji.

Tentu ini merupakan fase yang cukup penting bagi maksimalnya pelayanan. Bahkan, lanjut Diah, apabila ada kekurangan tenaga petugas karena sebagian besar kelelahan mendampingi jemaah di Arafah dan Muzdalifah, maka perlu dilakukan pembagian waktu kerja petugas sehingga tidak menumpuk, dengan kata lain mereka bisa fokus pada fase-fase yang berbeda.

“Sekali lagi di sisa waktu yang ada saya harap Kemenag betul-betul memaksimalkan pelayanan terhadap para jemaah. Dan yang paling penting adalah memastikan keselamatan mereka,” tandas Diah.

Selain itu, Diah juga mengingatkan Kemenag untuk mempersiapkan proses kepulangan jemaah sebaik-baiknya, serta memastikan para petugas haji tetap bekerja sebagaimana mestinya.

“Saya mendoakan semoga di penghujung ibadah haji ini, segala sesuatunya berjalan lancar sesuai rencana yang telah disepakati. Saya juga mendoakan seluruh jemaah haji Indonesia menjadi haji-haji yang mabrur,” pungkasnya.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600