banner pemkab muba
ParlemenPemilu

Biaya Penyelenggaraan Pemilu Mahal, DPR: Perlu Dibahas Sistem yang Lebih Sederhana

148
×

Biaya Penyelenggaraan Pemilu Mahal, DPR: Perlu Dibahas Sistem yang Lebih Sederhana

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua Dpp Pkb, Jazilul Fawaid
Wakil Ketua DPP PKB, Jazilul Fawaid. (f/ist)

Mjnews.id – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi PKB, Jazilul Fawaid mengungkapkan bahwa soal penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) biayanya sangat tinggi dan mahal.

Oleh karena itu, dalam hal Penyelenggaraan Pemilu biaya yang terlalu mahal ini, Jazilul Fawaid menilai bahwa soal tersebut, harus dimulai dengan membentuk sistem atau aturan yang menimbulkan demokrasi lebih sederhana.

“Semuanya juga akan mengakui bahwa biaya penyelenggaraan Pemilu sudah mahal. Biaya calon juga mahal,”, ungkap Jazilul dalam diskusi Dialektika Demokrasi dengan tema ‘DPR Mengawal Demokrasi Menuju Indonesia Maju’ di Media Center DPR RI, Jakarta, dikutip mjnews.id pada Jumat 25 Agustus 2023.

“Menurut saya ini perlu dibahas sistem yang memungkinkan semua bisa ikut dan tidak membutuhkan biaya yang mahal,” sambung Politisi Fraksi PKB ini.

Selain itu, Jazilul berharap kedepanya tentang segala persoalan sistem Pemilu yang sudah dilajalani saat ini, membutuhkan adanya kajian mendalam serta mencari solusi mana yang menjadi efektif dan hasilnya juga akan sama.

”Artinya ke depan kita koreksi dan kita selama pemilihan langsung kan berubah-ubah, ada sistem terbuka, ada semi terbuka, apa kembali ke proporsional (terbuka)? Yang saya pikir perlu kajian mana yang lebih efektif, toh hasilnya sama saja,”pungkas Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PKB Jazilul Fawaid.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600