banner pemkab muba
PendidikanPesisir Selatan

Asyik! Baznas Pesisir Selatan Salurkan Beasiswa 2021 untuk 500 Mahasiswa

89
×

Asyik! Baznas Pesisir Selatan Salurkan Beasiswa 2021 untuk 500 Mahasiswa

Sebarkan artikel ini
Yuspardi
Ketua Baznas Kabupaten Pesisir Selatan, Yuspardi.

Pesisir Selatan, MJNews.ID – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan kembali merealisasikan program Beasiswa Baznas tahun 2021. Demikian dikatakan Ketua Baznas Kabupaten Pesisir Selatan, Yuspardi, Kamis 26 Agustus 2021.
Yuspardi menjelaskan, Beasiswa Baznas Kabupaten Pesisir Selatan yang direalisasikan itu diarahkan untuk  500 mahasiswa  masing-masing menerima Rp 1,5 juta. “Dana beasiswa itu ditransfer ke rekening mahasiswa bersangkutan melalui Bank Nagari Cabang Painan,” ungkapnya.
Dikatakan, beasiswa tersebut bertujuan untuk membantu meringankan biaya pendidikan mahasiswa warga Kabupaten Pesisir dimasa Pandemi Covid-19. “Diminta pada mahasiswa agar manfaat beasiswa itu betul-betul untuk biaya kebutuhan kuliah,” pintanya. 
“Pada tahun 2021 ini, Baznas Kabupaten Pesisir Selatan mentargetkan penerimaan zakat sebesar Rp 12,8 miliar. Itu meningkat dari target tahun 2020 yang hanya sebesar Rp 11 miliar. Target itu diyakini bisa tercapai karena besarnya potensi zakat di daerah ini,” katanya.
Ia menyebutkan, pencapaian target zakat tahun 2021 membutuhkan upaya maksimal, tentunya dengan cara menggali sumber-sumber yang memiliki potensi zakat.  
Sementara itu, dengan mendapat dukungan dari semua perangkat daerah yang ada serta Kementerian Agama (Kemenag) RI, sehingga penerimaaan zakat tahun 2020 lalu melebihi dari target.
“Ya, tahun 2020 lalu target penerimaan zakat hanya sebesar Rp 11 miliar. Alhamdulillah terealisasi melebihi target yaitu Rp 12,4 miliar. Karena capaian itu, sehingga tidaklah berlebihan jika tahun 2021 ini, target penerimaan zakat kita tingkatkan menjadi Rp 12,8 miliar,” katanya.
Disebutkan, Baznas Pesisir Selatan menyalurkan zakat untuk beberapa kegiatan seperti rehab dan bedah rumah tidak layak huni (RTLH), pemberian beasiswa, bantuan tambahan modal usaha keluarga kurang mampu, serta bantuan biaya berobat bagi keluarga miskin.
(myd)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600