Politik

Dukungan Projo Pecah ke Kubu Ganjar dan Prabowo, Begini Kata Pengamat!

322
×

Dukungan Projo Pecah ke Kubu Ganjar dan Prabowo, Begini Kata Pengamat!

Sebarkan artikel ini
Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago
Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago. (f/ist)

Mjnews.id – Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago, memberikan pandangannya terkait sikap Relawan Pro Jokowi (Projo) dalam mendukung calon pemimpin nasional.

Menurutnya, situasi politik saat ini membuat Projo tidak lagi tegak lurus dalam mendukung salahsatu Capres sebelum ada arahan resmi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Projo memiliki kebebasan untuk memilih dukungan politiknya, bisa mendukung calon lain seperti Prabowo, Ganjar, atau Anies,” ujarnya, Minggu (23/72023).

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Pangi Syarwi Chaniago menyatakan, bahwa hingga saat ini Presiden Jokowi belum secara jelas menyatakan dukungan untuk calon tertentu. Meskipun terlihat bahwa Jokowi lebih banyak memberikan dukungan endorse kepada Prabowo, namun belum ada instruksi resmi dari pihak Projo terkait pilihan calon.

“Hal ini menjadi perbedaan dengan tahun 2014 dan 2019, di mana Projo dengan tegas mendukung Jokowi sebagai cerminan relawan tersebut, meskipun ada operator politiknya, yaitu ketua umum yang sekarang menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika,” tandasnya.

Pangi juga menyoroti kenyataan bahwa kondisi politik kali ini tidak memungkinkan Projo untuk mengikuti pola dukungan seperti yang sebelumnya. Kehadiran realisme dalam partai ini mengakibatkan kemungkinan perubahan dukungan.

“Jika dukungan Projo terhadap calon katakan Ganjar Pranowo dan tidak diakomodir atau minim peluang untuk diakomodir PDIP, maka relawan tersebut dapat memilih untuk mendukung calon lain seperti Prabowo. Begitu pula sebaliknya, jika peluang Projo di pihak Prabowo kecil, maka mereka dapat mencari peluang dukungan di kubu Ganjar atau bahkan Anies,” tandasnya.

Menurut Pangi, fenomena “main dua kaki” ini sebenarnya wajar dalam politik karena hingga saat ini Projo belum menerima instruksi resmi untuk memilih calon tertentu. Situasi ini memungkinkan partai tersebut untuk bergerak fleksibel dan memilih dukungan yang dianggap lebih sesuai dengan kepentingan dan peluang partai. “Tapi tentu saja, semua ini tetap mengandalkan keputusan dan strategi dari pimpinan Projo sendiri,” paparnya.

Sebelumya, Deklarator relawan Pro Jokowi (Projo) dari berbagai provinsi di Jawa deklarasi mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang. Dalam deklarasi ini, mereka menyatakan empat sikap. Deklarasi ini menyikapi ketidakjelasan arah dukungan organisasi Projo menghadapi Pemilihan Presiden 2024.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT