banner pemkab muba
Kabupaten AgamSumatera Barat

Direktur Buflo Ajak Balingka jadi Nagari Agrowisata Kebun Stroberi

185
×

Direktur Buflo Ajak Balingka jadi Nagari Agrowisata Kebun Stroberi

Sebarkan artikel ini
Direktur Buflo Ajak Balingka Jadi Nagari Agrowisata Kebun Stroberi
Direktur Buflo Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Liferdi Lukman ajak Balingka jadi Nagari Agrowisata Kebun Stroberi. (f/kominfo)

Mjnews.id – Dinas Pertanian Kabupaten Agam bersama Direktur Buah dan Florikultura (Buflo) Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Liferdi Lukman melakukan kunjungan ke Kelompok Tani (Poktan) Kampung Upang, Jumat (28/7/2023).

Kunjungan ini dipusatkan di Kebun Stroberi Pak Dadang di Nagari Balingka, Kecamatan IV Koto.

Pada kunjungan tersebut pendamping petani Ichsan Kurniawan bersama Pak Dadang selaku pemilik Kebun Stroberi asal Ciwidey, Ketua Poktan Kampung Upang, dan Wali Nagari menyambut kedatangan Direktur Buflo dengan mengajak petik buah strawberry bersama serta mencicipi hasil olahan stroberi seperti milkshake strawberry dan donat dengan selai stroberi.

Liferdi mengatakan bahwa ia sangat salut dengan Pak Dadang yang jauh-jauh datang dari Bandung ke Sumatera Barat dan bersama-sama dengan orang asli nagari Balingka mengembangkan kebun stroberi hingga seluas ini .

“Saya sangat apresiasi Kang Dadang, semoga kebun ini bisa dikonsepkan lagi sedemikian rupa bersama nagari dan kecamatan untuk dijadikan desa wisata dengan brand strawberry itu”, ujarnya.

Diketahui hasil produksi strawberry di kebun Pak Dadang ini mencapai 1200 kg atau 1,2 ton per bulan pada tahun 2022.

Varietas stroberi disini terdiri dari jenis Mencir dan California dengan sistem perawatan semi organik.

Wali Nagari Balingka Aljumpati Agus menyampaikan juga bahwa kesulitan yang dialami saat pengelolaan kebun stroberi saat ini yaitu fasilitas alat tani yang sudah semakin tua dan makin mahalnya harga karung untuk menampung hasil tani yang banyak.

Ketua Poktan Kampung Upang Faisal juga menuturkan bahwa saat ini perkebunan  sudah memiliki media sosial di instagram dan layanan pesan whatsapp untuk memasarkan dan memperkenalkan stroberi dari kampung upang ini.

Merespon hal tersebut Liferdi mengatakan bahwa jika nanti setelah dikonsepkan dengan matang untuk pembentukan nagari wisata di Balingka atau Kecamatan IV Koto ini seluruh instansi atau dinas terkait akan dipersiapkan untuk memfasilitasi kelengkapannya.

“Kami dari pusat siap membantu untuk terwujudnya nagari wisata stroberi ini atau kalau ada buah lain yang bisa ditonjolkan , ayo kita kembangkan bersama!”, tuturnya.

Kepada Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Ir Afniwirman juga menyampaikan agar tidak ada buah yang terbuang hasil olahan dalam bentuk produk kemasan juga harus ditingkatkan dan didaftarkan ke BPOM agar pemasaran produk olahan stroberi bisa dipasarkan hingga keluar Sumatera Barat.

“Jadi biar buah yang kecil-kecil atau bentuk buah yang kurang bagus tidak terbuang kita olah jadi produk, kita tingkatkan, karna kalau sudah dalam bentuk produk dia akan bernilai sama , nah nanti kita daftarkan ke bpom supaya layak untuk kita distribusikan hingga keluar sehingga brand nya dikenal hingga keluar”, paparnya.

Harapannya seluruh stakeholder terkait dapat bersama-sama bersinergi untuk mengembangkan perkebunan stroberi di Kabupaten Agam khususnya di Balingka sehingga. Sehingga Kabupaten Agam dapat dikenal juga dengan ciri khas sebagai salah satu sentra produksi stroberi di Sumatera Barat.

(jef)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600