Kabupaten SolokSumatera Barat

Sumarak Salingka Danau Singkarak Dimulai, Ini Kegiatan dan Lombanya

186
×

Sumarak Salingka Danau Singkarak Dimulai, Ini Kegiatan dan Lombanya

Sebarkan artikel ini
Pembukaan Sumarak Salingka Danau Singkarak Tahun 2023
Pembukaan Sumarak Salingka Danau Singkarak tahun 2023. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Bupati Solok, H. Epyardi Asda Dt Sutan Majo Lelo menghadiri pembukaan event Sumarak Salingka Danau Tahun 2023 ditandai dengan pemukulan gendang serta didampingi seluruh tamu undangan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka promosi wisata di Kabupaten Solok, bertempat di Dermaga Danau Singkarak, Sabtu, (28/10/2023).

Sebelumnya pada 26 – 27 Oktober 2023, event Sumarak Salingka Danau telah diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan dan Perlombaan Hymne Bundo Kanduang, Lomba Mencari Pensi, Silaturahmi dan Camp Seni, Penampilan Paket Seni dan Tradisi dari Kabupaten/Kota di Luar Kabuipaten Solok.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Pada hari ini akan digelar beberapa kegiatan Pameran UMKM, Ekraf, dan Pokdarwis, Lukisan Lapiak Pandan, Festival Lauak dan Jajanan Tempo Dulu, Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Solok, Launching Bujang Jo Gadih Kabupaten Solok.

Kepala Disparbud Armen jelaskan, event ini akan disebut dengan Festival Lima Danau yang mana Kegiatan ini telah masuk 10 besar di provinsi serta telah lulus seleksi administrasi di tingkat Nasional.

Adiyatama Direktorat Event Daerah Kementerian Parekraf RI Joko Suhartono berikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Solok, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, serta seluruh pihak yang telah berkolaborasi dalam mensukseskan acara Sumarak Salingka Danau Tahun 2023.

Joko Suhartono katakan, Kabupaten Solok yang dikenal dengan banyak potensi tidak hanya dari segi Pertanian dan Holtikultura namun juga dengan keindahan Destinasi Wisata yang mempesona serta ragan seni dan budaya.

Oleh karena itu, Joko Suhartono sampaikan Kemenparekraf sangat mendukung penyelenggaraan Event Sumarak Salingka Danau dengan menyajikan beragam aktivitas yang mengangkat potensi Alam, Potensi Budaya, Potensi Kreatif sampai dengan Produk Unggulan UMKM-nya.

“Kami berharap event Sumarak Salingka Danau Tahun 2023 dapat berjalan lancar, sukses, dan semakin mengembangkan citra promosi wisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Solok sebagai destinasi wisata alam dan budaya,” paparnya.

Sementara Bupati Solok mengatakan, diketahui selain dari Pertanian yaitu penghasil beras dan holtikultura ada sesuatu yang kita banggakan di Kabupaten Solok yaitu Alam Wisatanya dengan memiliki 5 Danau dan Alamnya yang indah dan tidak dimiliki daerah lainnya di Indonesia.

“Saya yakin dengan kerja sama kita semua dan dukungan dari segala pihak maka kita dapat memajukan sektor pariwisata sehingga memberikan dampak yang baik bagi peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Epyardi Asda.

“Untuk itu, sebagai Bupati Solok, saya mendukung semua program promosi untuk wisata. Terimakasih kita ucapkan kepada Kementerian Parekraf RI karena telah banyak memberikan bantuan infrastruktur pariwista untuk Kabupaten Solok diantaranya Panggung Kesenian dan Menara Pandang di Dermaga Danau Singkarak ini,” ucap Epyardi.

Acara dilanjutkan dengan penampilan kesenian tradisional Talempong Pacik secara kolosal oleh tiga kecamatan salingka Danau Singkarak yakni Kecamatan X Koto Singkarak, Junjung Sirih dan Kecamatan X Koto Diatas, dengan jumlah pemain sebanyak 100 orang dan Talempong Pacik sebanyak 200 buah.

(sis)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT