WisataSumatera Barat

Calendar of Events Pariwisata Sumatera Barat 2024 Diluncurkan

227
×

Calendar of Events Pariwisata Sumatera Barat 2024 Diluncurkan

Sebarkan artikel ini
Peluncuran Kalender Iven Pariwisata Sumatera Barat 2024
Peluncuran Kalender Iven Pariwisata Sumatera Barat 2024. (f/pemprov)

Mjnews.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) melalui Dinas Pariwisata Sumbar meluncurkan Calendar of Events (CoE) 2024. Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, memimpin peluncuran ini di Pantai Purus Padang pada Sabtu (20/1/2024).

COE 2024 merupakan wujud komitmen dan keseriusan dalam mengembangkan sektor pariwisata di Sumatera Barat.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Gubernur Mahyeldi menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan program aktivasi sektor pariwisata tahun 2023, yaitu Tahun Kunjungan Wisata ‘Visit Beautiful West Sumatra 2023’. Program ini melebihi target kunjungan dengan mencapai 11,2 juta kunjungan hingga Desember 2023, lebih dari target awal 8,2 juta kunjungan.

Gubernur mengajak semua pihak, termasuk bupati/wali kota, akademisi, pelaku industri pariwisata, media, dan masyarakat, untuk terus berkolaborasi dan bersinergi dalam mengoptimalkan sektor pariwisata. Ia menyebut bahwa semakin banyak event (iven) berkualitas, semakin banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda, melaporkan bahwa Pemprov Sumbar telah menetapkan target kunjungan wisatawan untuk tahun 2024. Sebanyak 78 kalender iven telah disiapkan, terdiri dari kategori internasional, nasional, dan daerah. Tagline “Visit Beautiful West Sumatra” akan tetap diangkat untuk mempertahankan daya tarik destinasi pariwisata Sumbar.

Luhur Budianda juga menyebut bahwa Pemprov Sumbar menjalin kerjasama dengan PT. Telkomsel untuk menyamakan data wisatawan. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan dashboard PETA Sumbar (Pergerakan Wisatawan Sumatera Barat). Kerjasama ini diharapkan dapat menyediakan data yang akurat dan dapat digunakan oleh seluruh elemen pentahelix pariwisata.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT