Kepulauan MentawaiSumatera Barat

ADWI 2023, Kemenparekraf Visitasi Desa Wisata Muntei Mentawai

281
×

ADWI 2023, Kemenparekraf Visitasi Desa Wisata Muntei Mentawai

Sebarkan artikel ini
Kemenparekraf Visitasi Desa Wisata Muntei Mentawai
Kemenparekraf Visitasi Desa Wisata Muntei, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. (f/ist)

Souvenir

Desa Wisata Muntei menyediakan berbagai macam jenis kuliner yang akan menjadi primadona wisatawan yang berkunjung, sebagaimana sudah disediakan oleh alam mentawai itu sendiri. Cara pengolahannya juga masih memakai tradisional dimasak di dapur tradisional Mentawai.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Menu yang disajikan yang diambil langsung dari alam antara lain sup udang, rendang lokan, ulat sagu bakar, lele bakar, ulat sagu goreng. Semua hidangan di atas belum sempurna kalau tidak dengan menggunakan sagu sipurut yang merupakan makan pokok masyarakat Mentawai.

Selain itu ada menu tambahan lainnya seperti sup ikan dan ikan bakar nila. tidak lua juga dengan subbet yang berbahan dasar keladi yang ditabur dengan kelapa parut.

Kemudian, kerajinan batik tulis/komak toro yang dilestarikan oleh wisata desa muntei dengan berbagai gabungan motif alam serta motif tato mentawai. selain dari batik tulis desa wisata muntei juga memproduksi pakaian adat yang dimodifikasi dan yang biasa dipakai oleh wanita dan pria saat pesta adat.

Adapun souvenir kriya berupa Sikairat, miniatur pusaguat, gelang leccu, topi tobat leleu, miniatur uma, hiasan dinding, koraibit, paluga sinaiming, jawak.

Adapun detail Desa Wisata Muntei dapat dilihat di Instagram : pesona.muntei, Facebook : desamuntei, Twitter : @desamuntei, Youtube : theo mentawai, Tiktok : @desamuntei12, Hp/Wa: 0812-3486-2308.

Pemanfaatan media sosial sebagai ajang promosi desa wisata muntei yang lebih maksimal, tentu dengan memanfaatkan platform gratis yang bisa menjangkau banyak calon wisatawan, saat ini Desa Wisata Muntei sudah membangun sistem update semua kegiatan di aplikasi media sosial.

Tidak hanya itu, Desa Wisata Muntei juga menyediakan paket wisata yang nantinya akan di pesan langsung melalui media sosial.

Pengembangan seluruh potensi kepariwisataan Desa Wisata Muntei dikelola oleh kelompok sadar wisata dalam hal ini Pokdarwis Aimung Leleu yang bekerja sama dengan pemerintahan setempat (pemdes) Desa Muntei, serta seluruh masyarakat desa muntei ikut mengambil bagian dalam pengembangan wisata.

Pokdarwis juga kelola penerapan SOP dengan menyediakan fasilitas kebersihan seperti wastafel, sabun dan hand sanitizer. Selain itu, petugas kesehatan selalu standby demi memastikan keselamatan wisatawan di lokasi destinasi wisata.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT