Kota BukittinggiParlemenSumatera Barat

Ketua DPRD Bukittinggi Salurkan Bantuan Pokir ke Kelompok Tani di Ladang Cakiah

230
×

Ketua DPRD Bukittinggi Salurkan Bantuan Pokir ke Kelompok Tani di Ladang Cakiah

Sebarkan artikel ini
Ketua Dprd Bukittinggi Salurkan Bantuan Pokir Ke Kelompok Tani Di Ladang Cakiah
Ketua DPRD Bukittinggi Salurkan Bantuan Pokir ke Kelompok Tani di Ladang Cakiah, Kecamatan Aua Birugo Tigo Baleh. (f/ist)

Mjnews.id – Kelompok Tani (KelTan) Cabe Rawit Kelurahan Ladang Cakiah, Kecamatan Aua Birugo Tigo Baleh menerima bantuan alat mesin pertanian yang berasal dari dana pokok-pokok pikiran Ketua DPRD Bukittinggi Beny Yusrial, Senin 31 Juli 2023.

Penyerahan bantuan Handtractor dan Mesin Potong Rumput tersebut dihadiri Plt. Lurah Ladang Cakiah, M. Reza, jajaran Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi, Bhabinkamtibmas dan warga masyarakat setempat.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Bantuan yang diterima berupa 1 unit handtractor dan 3 unit mesin potong rumput.

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi Abdul Halim mengatakan pemberian bantuan Alsintan bagi Keltan Cabe Rawit ini, bertujuan mengurangi biaya produksi. Selama ini, keltan menyewa handtractor untuk kegiatan pertanian.

“Adanya bantuan Alsintan melalui dana pokir bapak Ketua DPRD, dapat menekan biaya produksi. Kedepan, akan dilaksanakan pelatihan operator untuk handtractor dan mesin ini,” ujar Abdul Halim.

Abdul Halim menambahan Keltan Cabe Rawit terdiri dari 25 orang anggota, yang didominasi kaum ibu. Kelompok tani ini masih aktif dan menanam berbagai jenis tanaman seperti padi, palawija, bawang dan sebagainya.

“Untuk operator handtractor dan mesin akan diminta dari kaum bapak. Nanti mereka akan diberikan pelatihan. Kami juga mengapresiasi kepedulian dan perhatian bapak Beny Yusrial terhadap bidang pertanian di Kota Bukittinggi khususnya Kecamatan ABTB. Hal ini menandakan beliau sangat fokus kepada pertanian,” kata Nyiak Halim.

Sementara itu, Ketua DPRD Bukittinggi Beny Yusrial mengungkapkan pihaknya banyak memberikan dana pokir alat mesin pertanian. Beny berharap handtractor dan mesin potong rumput ini bisa dimanfaatkan untuk kemajuan hasil pertanian. Sebelumnya, penerima bantuan ini diverifikasi terlebih dahulu.

“Kami berharap Keltan Cabe Rawit dapat memanfaatkan bantuan alsintan ini sebaik-baiknya. Alsintan dapat mendukung perkembangan dan kemajuan hasil pertanian. Selain itu, dapat meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok tani. Jumlah bantuan sebanyak 4 buah dan total dana Rp 50 juta,” ungkap Beny.

Camat Aua Birugo Tigo Baleh, Hastine Atas Asih juga mengapresiasi bantuan Alsintan dari dana pokir Ketua DPRD Bukittinggi, Masyarakat khususnya Keltan Cabe Rawit sangat terbantu melalui alsintan ini.

“Atas nama Pemerintah Kecamatan Aua Birugo Tigo Baleh, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ketua DPRD Beny Yusrial. Beliau telah memberikan perhatian kepada masyarakat, dalam bentuk dana pokir. Semoga, Keltan Cabe Rawit semakin maju dan berkembang. Sektor pertanian di Bukittinggi khususnya Kecamatan ABTB juga bertambah hebat dan maju,” jelas Hastine.

Sedangkan, Perwakilan Keltan Cabe Rawit Dani Wisma tidak dapat menyembunyikan rasa gembiranya. Ia bersama anggota keltan merasa terharu atas bantuan Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial.

“Terima kasih banyak kepada Pak Beny atas penyerahan bantuan ini. Kami betul-betul terharu. Semoga alat mesin ini dapat mendukung pekerjaan anggota kelompok tani kita,” ungkap Dani.

(Aii/Ril)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT