Kota PayakumbuhPolriSumatera Barat

Musim Kemarau, Kapolres Payakumbuh Imbau Warga Waspada Bahaya Kebakaran

242
×

Musim Kemarau, Kapolres Payakumbuh Imbau Warga Waspada Bahaya Kebakaran

Sebarkan artikel ini
Wahyuni Sri Lestari

Mjnews.id – Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), beberapa daerah di Provinsi Sumatera Barat termasuk Kota Payakumbuh akan mengalami musim kemarau pada pertengahan Juni 2023.

Bahkan, saat ini masa pancaroba dengan cuaca panas dan suhu yang cukup tinggi sudah terasa di beberapa wilayah.

Menyikapi hal itu, Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari melalui Wakapolres Kompol Russirwan mengimbau kepada masyarakat agar selalu hati-hati dan waspada, khususnya terhadap bahaya kebakaran baik pada pemukiman warga maupun kebakaran lahan.

“Musim kemarau itu sangat rawan menimbulkan peristiwa kebakaran. Oleh karena itu, kita mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mewaspadai hal tersebut serta menghindari hal-hal yang akan menjadi pemicu terjadinya kebakaran, ” ujar Kompol Russirwan saat menghadiri acara pelantikan pengurus PWI Kota Payakumbuh di Kantor Balaikota Payakumbuh, Minggu (18/06/2023).
 
Kompol Russirwan juga telah mengarahkan jajarannya terutama kepada personel Bhabinkamtibmas untuk berikan imbauan dan menempelkan selebaran di daerah binaan perihal waspada serta upaya pencegahan terjadinya kebakaran.

“Kita telah beri arahan kepada jajaran terutama personel Bhabinkamtibmas agar selalu membaur bersama warga dan rajin turun ke wilayah binaan guna menyampaikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat, terutama antisipasi terjadinya kebakaran saat musim pancaroba saat ini, ” imbuh Kompol Russirwan.

Beberapa hal yang menjadi upaya pencegahan yang bisa di lakukan masyarakat, seperti:

  1. Tidak melakukan pembakaran sembarangan dan meninggalkan lokasi pembakaran dengan kondisi api yang masih menyala.

2.Jika ingin membakar sesuatu di lahan kosong atau membakar sampah di lingkungan masing-masing, masyarakat hendaknya me-lokalisasi secara aman agar tidak menimbulkan kebakaran akibat rambatan api dari pembakaran yang dilakukan tersebut.

3.Jangan sembarangan saat membuang puntung rokok. Sebab, dalam cuaca panas seperti sekarang, api dari puntung rokok juga sangat mudah memicu terjadinya kebakaran besar

4.Hindari pembakaran saat membuka ladang atau kebun dalam kondisi terik seperti saat ini karena tindakan itu juga tak jarang menyebabkan terjadinya kebakaran.

Kompol Russirwan juga menambahkan, beberapa hal lainya yang berpotensi menyebabkan kebakaran diantaranya yaitu korsleting listrik, lupa mematikan kompor serta alat elektronik lainya juga beberapa hal yang menjadi sumber api lainnya.

(hms)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600