Kota PayakumbuhBudayaParlemenSumatera Barat

Festival Adat Koto Nan Ompek, Wako Payakumbuh: Mari Lestarikan Budaya

233
×

Festival Adat Koto Nan Ompek, Wako Payakumbuh: Mari Lestarikan Budaya

Sebarkan artikel ini
Festival Adat Koto Nan Ompek
Festival Adat Koto Nan Ompek. (f/humas)

Mjnews.id – Festival Adat Koto Nan Ompek diselenggarakan atas aspirasi dana pokok pikiran (pokir) dari salah satu anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat, yaitu Nurkhalis Dt Bijo Dirajo. Festival berlangsung meriah di halaman kantor Kerapatan Adat Nagori (KAN) Koto Nan Ompek dan dihadiri oleh Penjabat Walikota Payakumbuh, Rida Ananda bersama jajaran Forkopimda, Minggu (30/7/2023) pagi.

Rida Ananda mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam festival ini, terutama Nurkhalis, Dt. Bijo Dirajo, yang turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian adat budaya dengan menggelar Festival Adat Budaya Kenagarian Koto Nan Ompek.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dia menyatakan bahwa penyelenggaraan acara ini merupakan upaya pengembalian jati diri bangsa dan mempersatukan potensi budaya yang telah terpendam, khususnya Adat Budaya Koto Nan Ompek.

Rida menggarisbawahi bahwa melestarikan kebudayaan daerah Koto Nan Ompek ini penting karena dapat menjadi langkah nyata sebagai alternatif yang positif untuk dikembangkan oleh generasi penerus bangsa. Dia berharap festival ini menjadi langkah untuk membangun kembali nilai-nilai budaya di Kota Payakumbuh.

Festival Adat Budaya Koto Nan Ompek ini juga dianggap sebagai wujud harmonisasi kehidupan dalam keberagaman agama, etnis, dan budaya. Kota Payakumbuh memiliki masyarakat yang heterogen, seperti miniatur Indonesia, dan momen ini dapat menjadi alat untuk mengekspresikan kecintaan terhadap budaya leluhur dan memotivasi suku lain di Kota Payakumbuh untuk menampilkan keunikan dan keindahan budayanya.

Rida berharap festival ini menjadi agenda pariwisata tahunan yang menarik para wisatawan dan memperkuat persaudaraan antar warga, bukan hanya di daerah Koto Nan Ompek tetapi juga untuk seluruh kalangan.

Dia menekankan pentingnya mempertahankan nilai-nilai budaya leluhur, terutama bagi warga Payakumbuh yang berada di perantauan, termasuk bahasa, tarian, lagu daerah, kuliner, dan lainnya.

Rida mengakhiri sambutannya dengan mengucapkan terima kasih kepada Nurkhalis, Dt. Bijo Dirajo, yang telah menggelar Festival Adat Koto Nan Ompek 2023, dan berharap acara ini memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Payakumbuh.

(hms)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT