Kota SawahluntoSumatera Barat

Kota Sawahlunto Jadi Tuan Rumah Festival Batik Sumatera Barat, Simak Agendanya

221
×

Kota Sawahlunto Jadi Tuan Rumah Festival Batik Sumatera Barat, Simak Agendanya

Sebarkan artikel ini
Kota Sawahlunto Jadi Tuan Rumah Festival Batik Sumatera Barat
Kota Sawahlunto Jadi Tuan Rumah Festival Batik Sumatera Barat. (f/yuni)

MJNews.id – Soft Launcing Festival Batik Sumatera Barat dibuka langsung Ketua Dekranasda Kota Sawahlunto, dr Erly Zefnihan yang dilaksanakan di Lapangan Segitiga Kota Sawahlunto, Sabtu 7 Oktober 2023.

Dalam kesempatan tersebut, dr Erly mengapresiasi event Festival Batik Sumatera Barat tahun 2023 yang dilaksanakan di Kota Sawahlunto ini.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Melalui event yang diselenggarakan ini diharapkan, dapat menjadi semangat kebangkitan bagi semua pengrajin batik yang ada di Sawahlunto khususnya dan Sumatera Barat umumnya, dalam mengembangkan industri-industri kerajinan batik sebagai salah satu kekuatan ekonomi di tengah masyarakat.

Event ini juga dapat menjadi tolok ukur untuk mengetahui kekuatan dan daya saing produk batik di tengah-tengah konveksi besar nusantara yang sangat luas ini. ”Ada 5,7 juta penduduk Sumatera Barat yang bisa dijadikan peluang besar bagi kita untuk dapat dijadikan target dalam pengembangan industri batik ini,”paparnya.

Dekranasda sebagai orgranisasi yang selalu konsen dan komit dalam mengembangkan usaha kerajinan di daerah, senantiasa mengajak kita semua untuk lebih serius dalam memajukan produk produk lokal terutama produk unggulan di Kota Sawahlunto khususnya dan Sumatera Barat umumnya.

Dekranasda juga mendorong pengembangan industri kerajinan dalam bentuk kebijakan kebijakan produktif terutama dalam menguatkan jejaring pasar serta memastikan peningkatakan kualitas produk yang ada.

Ketua Dekranasda juga mengimbau kepada UMKm untuk tetap meningkatkan upayanya menggali kreativitas agar menjadi salah satu produsen yang mampu bersaing di Sumatera Barat bahkan di Nusantara. Untuk itu, Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat Sawahlunto untuk menyukseskan bela beli produk UMKM dan bangga menggunakan produk dalam negeri.

Sementara itu, Panitia Pelaksana yang juga Kepala Dinas Koperindag Kota Sawahlunto, Tatang Sumarna menyampaikan, dasar kegiatan yang dilaksanakan ini adalah program kerja Dekranasda Kota Sawahlunto bersama Dekranasda Provinsi Sumatera Barat untuk menguatkan industri kerajinan batik sebagai salah satu warisan yang bernilai ekonomis di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu, Tatang juga menyebut, kegiatan ini juga untuk mempromosikan dan mempercepat proses branding Batik Arang di kancah Sumatra Barat. “Tema yang diambil dalam event ini adalah batik arang dalam balutan Warisan Budaya Dunia,” ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari yang berakhir Minggu, 8 Oktober 2023 besok, juga diwarnai dengan beberapa kegiatan seperti lomba Disain Batik Arang tingkat Nasional, Disain lomba busana Batik se Sumatra Barat, fashion show batik Sumatra Barat tingkat Pelajar se Kota Sawahlunto, fashion show untuk 19 Kabupaten/Kota se Sumatra Barat dan juga kegiatan Festival membatik 100 Indonesia, serta Fashion Show Batik Arang oleh OPD dan Forkopimda se Kota Sawahlunto.

(Uni)

Kami Hadir di Google News