BudayaKepulauan MentawaiKota PadangSumatera Barat

Pameran Produk Kebudayaan Siberut Selatan di UNP Sukses

76
×

Pameran Produk Kebudayaan Siberut Selatan di UNP Sukses

Sebarkan artikel ini
Pengunjung Melihat Souvenir Siberut Selatan
Seorang pengunjung melihat souvenir Siberut Selatan, Kabupaten Mentawai dalam pameran yang di Ball Room Universitas Negeri Padang. (ist)

Padang, MJNews.ID – Pameran produk kebudayaan tiga desa Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai yang digelar selama tiga hari, mulai Rabu hingga Jumat (18 hingga 20 Agustus 2021) berlangsung sukses di Ball Room Universitas Negeri Padang. Pameran ini diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat di sana.
Itu disampaikan, Koordinator Wilayah Sumbar, Tropical Forest Conservation Action (TFCA) Sumatera – Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti, Indra Wita, Jumat 20 Agustus 2021.
Lebih lanjut dikatakannya, dalam pameran bekerjasama TFCA – STP Trisakti dengan Universitas Negeri Padang (UNP) menampilkan produk kebudayaan tiga desa di Siberut Selatan Kabupaten Mentawai. Yakni, Desa Muntei, Badobag, dan Desa Matotonan.
Selama pameran ditampilkan produk-produk kebudayaan yang dipakai masyarakat di tiga desa tersebut. Mulai dari kerajinan tangan masyarakat seperti kalung dan gelang. Kemudian makanan khas pun juga ditampilkan. 
“Produk yang ditampilkan dalam pameran adalah peralatan yang sehari-hari digunakan oleh masyarakat Siberut Selatan yang sedikit dipoles sehingga memiliki nilai lebih yang bisa dimanfaatkan sebagai souvenir,” jelasnya.
Selain pameran, juga ditawarkan paket wisata budaya Mentawai. Yakni delapan hari tujuh malam di Desa Muntei, Badobag dan Desa Matotonan. Daya tariknya atraksi turuk langai, air terjun kulubuk, pasaila boikok, pembuatan racun panah, pasaguat, proses pembuatan subbet, pasibulu iba sabau, liat pulaggajat, aktivitis masyarakat lokal.
Ia mengharapkan hasil akhir dari kegiatan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat di desa tersebut.
(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT