banner pemkab muba
Kabupaten AgamSumatera Barat

Bupati Agam Ikuti Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023

131
×

Bupati Agam Ikuti Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023

Sebarkan artikel ini
Bupati Agam Andri Warman Ikuti Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023
Bupati Agam, Andri Warman saat Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023. (f/amc)

Bogor, Mjnews.id – Presiden Joko Widodo buka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) tahun 2023 yang digelar di Sentul International Convention Centre dengan tema Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi.

Bupati Agam, Andri Warman mengikuti Rakornas tersebut, Selasa (17/1/2023).

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi atas kerja keras semua pihak, baik pusat maupun daerah, sehingga pandemi Covid-19 dapat dikendalikan dan pertumbuhan ekonomi tetap terjaga.

Pandemi Covid-19 kata presiden, menyebabkan perlambatan ekonomi di sejumlah negara. Namun, Indonesia mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang baik.

Pada kuartal III-2022 ekonomi Indonesia mampu tumbuh 5,72 persen dan di kuartal IV-2022 diperkirakan tumbuh 5,2 hingga 5,3 persen.

“Ini sebuah prestasi yang sangat baik sekali, karena di kuartal III kita bisa tumbuh 5,72 dibandingkan dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga memaparkan, situasi global masih sangat tidak mudah untuk diprediksi. Seperti halnya inflasi yang masih menjadi momok semua negara.

Kendati demikian, Presiden Jokowi meminta seluruh kepala daerah dan Forkopimda se-Indonesia agar bersyukur lantaran Inflasi di Indonesia saat ini 5,5 persen.

Presiden Jokowi mengajak seluruh kepala daerah dan Bank Indonesia untuk bekerja keras menangani inflasi.

“Hari ini, di depan seluruh gubernur, bupati, dan wali kota yang hadir pada Rakornas Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Se-Indonesia, saya mengajak para kepala daerah dan Bank Indonesia untuk bekerja keras menangani inflasi ini,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM mengatakan arahan dan instruksi Presiden Joko Widodo akan menjadi perhatian pemerintah daerah.

Dikatakan, kolaborasi pemerintah daerah dan Forkopimda di daerah itu sudah terjalin baik. Ke depan, kolaborasi tersebut diharapkan mampu mengatasi persoalan inflasi, kemiskinan ekstrem dan stunting di daerah itu.

“Di tahun 2023, sesuai arahan presiden, pemerintah daerah bersama forkopimda berupaya membangkitkan kembali perekonomian rakyat di bawah bayang-bayang resesi dan inflasi, demikian juga pencegahan stunting dan lain-lain,” ujarnya.

(amc/jef)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600