KesehatanPesisir SelatanSumatera Barat

Dinkes Pessel Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu Nagari Punggasan

156
×

Dinkes Pessel Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu Nagari Punggasan

Sebarkan artikel ini
Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan Melakukan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu
Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan melakukan peningkatan kapasitas kader posyandu, Selasa (28/02/2023). (f/ist)

Pesisir Selatan, MJNews.id – Untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja pelayanan kader posyandu Nagari Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan melakukan peningkatan kapasitas kader posyandu, Selasa (28/02/2023) di posyandu setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, dr. Syahrizal Antoni, mengatakan, adapun materi yang diberikan pada peningkatan kapasitas tersebut adalah tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kader posyandu, administrasi kegiatan posyandu, kelengkapan buku yang harus ada di posyandu, tatalaksana 5 meja posyandu.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Materi tersebut disampaikan disampaikan oleh Emmi Fauzianti, SKM (Kasi Promkes) dan Indrayani, SKM (Pengelola Promkes).

Dikatakan, penyelenggaraan kegiatan posyandu diselenggarakan satu kali dalam sebulan dengan hari buka posyandu untuk penimbangan satu bulan sekali. Secara umum, tugas-tugas kader dalam rangka menyelenggarakan kegiatan posyandu.

Antara lain, tugas sebelum hari buka posyandu atau disebut juga tugas pada H-Posyandu, yaitu berupa tugas-tugas persiapan oleh kader agar kegiatan pada hari buka Posyandu berjalan dengan baik.

Tugas pada hari buka posyandu atau disebut juga pada H Posyandu, yaitu berupa tugas-tugas untuk melaksanakan pelayanan 5 kegiatan. Tugas sesudah hari buka Posyandu atau disebut juga tugas pada H+ Posyandu, yaitu berupa tugas-tugas setelah hari Posyandu.

Tugas-tugas Kader Posyandu pada H – atau saat persiapan hari buka Posyandu, meliputi menyiapkan alat dan bahan, yaitu : alat penimbangan bayi dan balita, Kartu Menuju Sehat (KMS), alat peraga, alat pengukur LILA, obat-obatan yang dibutuhkan (tablet besi, vitamin A, Oralit, dan lain-lain sesuai kebutuhan), bahan/materi penyuluhan dan lain-lain.

Mengundang dan menggerakkan masyarakat, yaitu memberitahu ibu-ibu untuk datang ke Posyandu, serta melakukan pendekatan tokoh yang bisa membantu memotivasi masyarakat untuk datang ke Posyandu.

Berkoordunasi dengan lintas sektor tentang rencana pelaksanaan postandu , yaitu menyampaikan rencana kegiatan kepada kantor desa / kelurahan dan meminta mereka untuk memastikan apakah petugas sektor bisa hadir pada hari buka Posyandu.

Melaksanakan pembagian tugas, yaitu menentukan pembagian tugas diantara kader Posyandu baik untuk persiapan maupun pelaksanaan kegiatan dan lainnya.

(canang)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT