Limapuluh KotaSumatera Barat

Longsor Dekat Kelok 9 Sebabkan Akses Sumbar – Riau Terputus, Satu Kendaraan Nyaris Tertimbun

254
×

Longsor Dekat Kelok 9 Sebabkan Akses Sumbar – Riau Terputus, Satu Kendaraan Nyaris Tertimbun

Sebarkan artikel ini
Satu Kendaraan Nyaris Tertimbun akibat longsor dekat Kelok 9, Limapuluh Kota
Satu Kendaraan Nyaris Tertimbun akibat longsor dekat Kelok 9, Limapuluh Kota. (f/ist)

Mjnews.id – Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Limapuluh Kota mengakibatkan longsor dekat Jembatan Layang Kelok 9, pada Minggu (30/4/2023), membuat akses lalu lintas Sumatera Barat-Riau terputus.

Longsor akibat tingginya curah hujan menyebabkan material longsor menutupi badan jalan sehingga akses jalan tidak bisa dilewati kendaraan.

“Benar. Longsor tadi sekitar pukul 17.00 WIB sebelum jembatan Kelok 9 dari arah Payakumbuh. Akibatnya macet total,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Rahmadinol, Minggu (30/4/2023).

Rahmadinol mengatakan, antrean kendaraan mencapai 5 kilometer dari arah Payakumbuh dan begitu sebaliknya dari arah Pekanbaru.

“Antreannya panjang sampai 5 kilometer dari Payakumbuh. Karena jalur ini akses utama jalan Sumbar-Riau. Sekarang masa puncak arus balik,” jelas Rahmadinol.

Rahmadinol menjelaskan, material longsor menutupi badan jalan hampir sepanjang 30 meter dengan ketinggian satu meter lebih.

“Longsornya cukup panjang sekitar 30 meter dengan ketinggian satu meter. Sekarang kita sedang upayakan membuka jalan,” tutur Rahmadinol sebagaimana dikutip kompas.com.

Menurut Rahmadinol, pihaknya masih menunggu datang alat berat dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumbar.

“Sambil menunggu alat berat, kita bersama TNI, Polri, dan masyarakat berusaha membuka jalan dengan manual,” jelas Rahmadinol.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600