Kabupaten PasamanPolriSumatera BaratTNI

Peserta Latsitardanus Mulai Kegiatan di Pasaman

384
×

Peserta Latsitardanus Mulai Kegiatan di Pasaman

Sebarkan artikel ini
Peserta Latsitardanus Di Pasaman
Peserta Latsitardanus di Pasaman. (f/riki)

MJNEWS.id – Sebanyak 230 peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIII/2023 telah memulai kegiatan mereka di Kabupaten Pasaman sejak 20 Mei hingga 8 Juni 2023.

Para peserta Latsitardanus terdiri dari taruna dari Akademi Kepolisian, Akademi Militer AD, AU, AU, serta Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan Akademi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Jumlah keseluruhan peserta mencapai 230 orang, termasuk 43 orang Antap yang merupakan pengasuh dari Yontarlat Elang Akademi Angkatan Udara.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Kedatangan peserta Latsitardanus disambut oleh Bupati Pasaman, Kapolres, dan Dandim beserta pejabat Pemkab Pasaman di Komplek GOR Tuanku Rao Lubuk Sikaping pada Sabtu (20/05/2023). Sekda Drs. H. Mara Ondak, MM memimpin acara tersebut, dihadiri juga PJU Polres dan Perwira Kodim 0305 Pasaman.

Rombongan Latsitardanus berangkat dari Pelabuhan Teluk Bayur pukul 06.15 WIB menggunakan 10 bus milik Polda Sumbar, dengan pengawalan tiga mobil Patwal Satlantas Polres Pasaman. Mereka tiba di Lubuk Sikaping pada pukul 11.00 WIB siang.

Dalam sambutannya, Bupati Pasaman H. Benny Utama menyambut peserta Latsitardanus dan memperkenalkan Kabupaten Pasaman, termasuk adat budaya serta iklim sejuk dan masyarakat yang ramah di Pasaman.

“Selain kegiatan fisik, peserta juga akan diajak untuk mengunjungi sekolah-sekolah dengan tujuan memotivasi dan menumbuhkan minat pelajar Pasaman untuk menjadi taruna di Akademi Militer dan Akademi Kepolisian,” kata Bupati H. Benny Utama.

Kapolres AKBP Yudho Huntoro dan Dandim Pasaman Letkol. Inf. Putra Negara dalam arahannya meminta para taruna menjaga sikap selama masa integrasi Latsitardanus.

“Kalian adalah harapan orang tua dan keluarga. Jangan biarkan sikap yang tidak pantas menghalangi kesuksesan kalian dalam menjadi perwira setelah masa integrasi ini,” pesan Dandim dan Kapolres, yang juga merupakan alumni Akademi Militer dan Akademi Kepolisian.

Setelah tiba di Lubuk Sikaping, peserta Latsitardanus dikumpulkan di gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping dan dijamu makan siang bersama Forkopimda Pasaman sebelum mereka dibawa ke rumah induk masing-masing yang tersebar di Kecamatan Lubuk Sikaping dan Bonjol.

Secara resmi, kegiatan Latsitardanus XLIII Kabupaten Pasaman akan diawali dengan upacara pembukaan di Halaman Kantor Bupati Pasaman pada hari Senin (22/5/2023), yang juga akan ditandai dengan penampilan Marching Band yang dibawakan oleh taruna gabungan dari Akademi Kepolisian, Akademi Militer, dan IPDN.

(Riki)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT