Sumatera Barat

Mahyeldi Lepas Kontingen Sumbar ke Jumbara Nasional IX PMR di Lampung Selatan

237
×

Mahyeldi Lepas Kontingen Sumbar ke Jumbara Nasional IX PMR di Lampung Selatan

Sebarkan artikel ini
Mahyeldi Lepas Kontingen Sumbar ke Jumbara Nasional IX PMR di Lampung Selatan
Gubernur Mahyeldi Lepas Kontingen Sumbar ke Jumbara Nasional IX PMR di Lampung Selatan. (f/biro adpim)

Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah melepas Kontingen Sumbar untuk mengikuti Iven Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Nasional IX Palang Merah Remaja (PMR) Tahun 2023 di Taman Agro Wisata Way Handak, Jalan Lintas Sumatera, Tanjung Senang, Kedaton, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Pelepasan tersebut ditandai dengan penyerahan bendera tuah sakato dari Gubernur Sumbar kepada Ketua PMI Wilayah Sumbar, Aristo Munandar di Auditorium Gubernuran, Jumat, (30/6/2023).

Gubernur Mahyeldi mengatakan Jumbara PMR merupakan forum perjumpaan dengan sesama remaja PMR sembari melakukan bakti kepada masyarakat serta bergembira.

“Banyak kegiatan yang akan dijalani selama Jumbara mulai dari saling bertukar hasil karya, life skill station, konferensi PMR, disiminator cilik, sarasehan jumtek, kemudian bakti sosial, traveling kepalangmerahan, bakti sosial seperti penghijauan, hingga simulasi pertama pelayanan kesehatan,” terang Mahyeldi.

Ia berharap kepada para kontingen untuk memanfaatkan momentum pertemuan tersebut sebagai ajang saling menguatkan, saling isi antar sesama peserta dari seluruh Indonesia.

“Manfaatkanlah iven ini sebagai ajang saling bertukar informasi, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kompetensi PMR dalam sektor kesehatan,” harapnya.

Selanjutnya, ia menyebut sebagai kader remaja dibawah binaan PMI untuk pembangunan sektor kesehatan, PMR memilki peran strategis, untuk itu mereka perlu kreatif dan inovatif agar setiap program-program PMR dapat diikuti oleh para generasi muda.

“Saya berharap sepulang dari kegiatan, ananda dapat melahirkan inovasi-inovasi untuk pelaksanaan program kepalangmerahan remaja di Prov. Sumatera Barat,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PMI Wilayah Sumbar, Aristo Munandar melaporkan Iven Jumbara PMR-PMI IX 2023 Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Taman Agro Wisata Way Handak, Prov. Lampung pada tanggal 2 – 10 Juli 2023 mendatang, dengan mengangkat tema “Cerdas, kreatif & Berkarakter”

“Setelah kegiatan pelepasan ini, kami akan berangkat menuju lokasi acara dengan transportasi darat, mohon do’a dari Bapak Gubernur dan masyarakat Sumbar semoga perjalanan kami dimudahkan Allah SWT,” tutur Aristo.

Ia juga mengatakan, dalam iven Jumbara Nasional IX tahun 2023 ini, PMR Sumbar mengutus kontingen sebanyak 87 orang, terdiri dari kontingen inti sebanyak 47 orang yang telah kita seleksi secara bertingkat baik ditingkat kabupaten dan kota maupun ditingkat provinsi. Kemudian juga ada 40 orang anggota peninjau.

Dimana 47 orang peserta inti yang terpilih tersebut berasal dari berbagai kabupaten/kota se Sumbar. Seperti, Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi dan dari kab. Padang Pariaman, kab. Agam, Kab. Pasaman, Kab. Tanah Datar, Kab. Solok, Kab. Sijunjung, Kab. Dharmasraya serta Kab. Pesisir Selatan.

Sedangkan 40 anggota peninjau, itu berasal dari PMI Kota Padang, PMI kota Bukittinggi dan PMI Kota Sawahlunto.

Mengingat, banyaknya jumlah perwakilan yang akan ikut, maka pihaknya telah menyiapkan 1 unit bus untuk keberangkatan, kemudian juga ada tambahan 2 unit minibus dari DPRD Prov. Sumbar serta untuk mobilisasi perlengkapan ia juga telah menyiapkan 1 unit mobil pick up dan 1 unit truck box. Sehingga total kendaraan yang berangkat nantinya adalah 5 unit kendaraan.

(adpsb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600