Sumatera BaratTanah Datar

Status Gunung Marapi Naik, Ini Imbauan Bupati Tanah Datar

228
×

Status Gunung Marapi Naik, Ini Imbauan Bupati Tanah Datar

Sebarkan artikel ini
Bupati Tanah Datar, Eka Putra
Bupati Tanah Datar, Eka Putra. (f/pemkab)

Mjnews.id – Imbauan dari Bupati Tanah Datar, Eka Putra, pada Selasa (9/1/2024) malam terkait dengan status Gunung Marapi yang naik dari level II (waspada) ke level III (siaga) meminta masyarakat agar tidak melakukan kegiatan di radius 4.5 km dari puncak Gunung Marapi.

Hal ini juga ditujukan kepada Wali Nagari dan Camat di sekitar gunung untuk mengingatkan warga tentang larangan tersebut serta mempersiapkan antisipasi terhadap kemungkinan yang tidak terduga.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Bupati juga memberikan imbauan khusus kepada penduduk yang tinggal di sepanjang sungai yang berhulu dari Gunung Marapi untuk selalu waspada terhadap potensi bahaya lahar, terutama saat musim hujan.

Selain itu, ia menegaskan pentingnya menjaga keadaan yang kondusif, menekankan agar tidak menyebarkan berita hoax, tidak terpancing oleh informasi yang tak jelas sumbernya, serta selalu memperhatikan arahan dari pihak yang berwenang.

Eka Putra juga memohon kepada para pemuka agama untuk selalu memimpin doa agar masyarakat terhindar dari bahaya letusan Gunung Marapi.

Lebih lanjut, Bupati Eka menginstruksikan kepada para Camat, Wali Nagari, dan seluruh perangkat daerah di Tanah Datar untuk bekerja sama, berkompak, dan merencanakan langkah kontingensi dalam menghadapi potensi bencana dari Gunung Marapi.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT