banner pemkab muba
Padang PanjangPendidikan

Naufal dan Siti Dinobatkan Sebagai PIK-R SLTP se-Kota Padang Panjang

111
×

Naufal dan Siti Dinobatkan Sebagai PIK-R SLTP se-Kota Padang Panjang

Sebarkan artikel ini
Naufal dan Siti Dinobatkan Sebagai PIK-R SLTP se-Kota Padang Panjang
Naufal dan Siti Dinobatkan Sebagai PIK-R SLTP se-Kota Padang Panjang. (kominfo)

PADANG PANJANG, MJNews.id – Siswa MTsN Padang Panjang, Naufal Dzakwan dan siswi SMP Darul Hikmah, Siti Kirania Fani keluar sebagai juara 1 Apresiasi Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) se-Kota Padang Panjang.
Naufal dan Siti berhasil mengungguli dua pasang kandidat lainnya di tiga besar, yakni Urfi Fadlul Khair dari MTsN, Nadya Syahrani dari SMPN 5 yang kemudian menjadi juara 2 serta Muhammad Irfan dari SMPN 4, Syifa Attinah Hafidz dari SMPN 3 sebagai juara 3.
Penentuan juara tersebut, ditentukan melalui hasil penilaian dewan juri dari beberapa tahap penilaian yang dijalani peserta selama tiga hari ini. Bertindak sebagai dewan juri di antaranya, Bunda GenRe, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdako, Martoni, S.Sos, M.Si, Koordinator Bidang KS/PK Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumbar, Dra. Desra, MM dan perwakilan Duta GenRe, Jhonny.
 
Hasil penilaian ini diumumkan pada Acara Puncak Apresiasi PIK-R 2021 Tingkat SLTP se-Kota Padang Panjang, Jumat 15 Oktober 2021, di Auditorium Mifan Water Park. Turut hadir di acara ini Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, dan kepala Perwakilan BKKBN Sumbar yang diwakili Koordinator Bidang Adpin, Drs. Budi Mulia, M.Si.
Dalam sambutannya, Wako Fadly menyampaikan, kegiatan PIK-R ini berguna untuk memproteksi anak-anak usia produktif sebagai aset yang menjadi masa depan bangsa dan negara. Mereka bisa mewujudkan Kota Padang Panjang yang bermarwah dan bermartabat.
“Di Indonesia, jumlah anak usia produktif hampir 60%. Jadi bisa dipastikan program-program keremajaan dan kepemudaan sangat penting untuk kita kemukakan. Jangan sampai kita terlena, bahwa yang menjadi real asset bangsa dan negara kita adalah anak-anak remaja ini,” tegasnya.
Fadly berharap, kegiatan keremajaan ini bisa melahirkan anak-anak muda yang brilian dan anak-anak muda yang mempunyai talenta pada semua lini. Juga menjadi panutan, menjadi contoh, menjadi pengerak dan memiliki ilmu yang bermanfaat bagi pemuda-pemudi di sekitarnya.
Sementara itu, Budi Mulia mengapresiasi dukungan wali kota dan Pemko yang telah berkomitmen dalam melakukan pembinaan pada generasi muda. Terutama dalam mewadahi kegiatan siswa-siswi di PIK-R dalam masa pandemi Covid-19 ini.
“Pemberian pembinaan dan penghargaan kepada PIK-R tingkat SLPT, ini merupakan yang pertama. Ide ini muncul di Padang Panjang. Sesungguhnya inti pembekalan kesehatan dan konseling remaja ini memang harus dimulai dari SLTP. Ini suatu langkah strategis yang nanti bisa dicontoh kabupaten dan kota lainnya,” tuturnya.
Sementara Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA), Drs. Osman Bin Nur, M.Si menjelaskan, Apresiasi PIK-R ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, khususnya meningkatkan promosi edukasi kesiapan reproduksi dan gizi remaja. Juga memupuk kebersamaan antar PIK-R se-Kota Padang Panjang, dan mengasah kemampuan pengurus PIK-R dalam pengelolaan PIK-R di sekolah.
Dikatakannya, kegiatan yang bertemakan “PIK-R Kreatif, Indonesia Maju” ini sudah berlangsung sejak 13 Oktober lalu, diikuti sebanyak 36 orang yang berasal dari Sembilan pengurus PIK-R tingkat SLTP se-Kota Padang Panjang.
(mutia)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600