Padang PanjangSumatera BaratWisata

Keren! Desa Wisata Kubu Gadang Masuk Nominator Best Tourism Village UNWTO

266
×

Keren! Desa Wisata Kubu Gadang Masuk Nominator Best Tourism Village UNWTO

Sebarkan artikel ini
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Kubu Gadang
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Padang Panjang, beberapa waktu lalu. (f/dok kominfo)

Mjnews.id – Desa Wisata Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kota Padang Panjang masuk menjadi delapan wisata di Indonesia yang diajukan sebagai Best Tourism Village UNWTO.

Hal tersebut disampaikan melalui WhatsApp Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang diterima Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Drs. Maiharman, Kamis (22/6/2023).

Dijelaskan Maiharman, perlombaan ini berawal 47 desa wisata yang diajukan Kemenparekraf. Kemudian dipilih delapan desa wisata yang diajukan ke Best Tourism Village UNWTO (United Nations World Tourism Organization), termasuk Kubu Gadang.

Dikatakan, banyak proses yang dilalui untuk masuk delapan besar ini. Seperti penilaian dari data Sustanable Tourism yang dikemas dalam bahasa Inggris dan video promosi. Sebagai langkah awal Kubu Gadang akan mengajukan pendaftaran ke UNWTO ini bersama Kemenparekraf dalam waktu dekat.

“Pendaftaran ini nantinya akan menentukan kita untuk menjadi pemenang Best Tourism UNWTO ini,” jelasnya seraya berharap Kubu Gadang bisa menjadi pemenang dalam ajang tersebut.

Sementara itu Pengelola Wisata Kubu Gadang, Yuliza Zein menyebutkan, ini merupakan hasil yang luar biasa bersaing dari 47 desa wisata yang dapat tiket pengajuan Best Tourism Village ini. Di Sumatera Barat yang boleh mengajukan adalah Geopark Silokek di Kabupaten Sijunjung dan Kubu Gadang. Kubu Gadang terpilih karena sebagai satu-satunya yang mendapat sertifikasi desa wisata berkelanjutan dan masuk 75 besar.

“Semoga ini semakin membuka jalan untuk Kubu Gadang dalam mencari support untuk mengembangkan fisik maupun non fisik,” katanya.

(cgs/arb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600