banner pemkab muba
Padang PanjangParlemenSumatera Barat

Pj Wako Padang Panjang Sampaikan Jawaban atas Pandangan Umum Fraksi DPRD terkait Ranperda APBD serta Pajak dan Retribusi Daerah

180
×

Pj Wako Padang Panjang Sampaikan Jawaban atas Pandangan Umum Fraksi DPRD terkait Ranperda APBD serta Pajak dan Retribusi Daerah

Sebarkan artikel ini
Pj Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra
Pj Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra. (f/kominfo)

Menanggapi pertanyaan dari Fraksi Bulan Bintang PKS mengenai cara optimalisasi dan pengembangan koperasi syariah, disampaikan Sonny, Pemko secara terus menerus melakukan pembinaan dengan melakukan pelatihan-pelatihan dan sosialisasi. Serta melakukan penilaian Koperasi Syariah Berprestasi sebagai pemicu agar koperasi syariah lebih berkembang.

Untuk Fraksi Golkar, Sonny menyampaikan upaya dalam menggaet dana dari Pemerintah Pusat telah dilakukan. Antara lain meningkatkan koordinasi dengan Kementerian Keuangan dalam hal pemenuhan penyampaian data-data keuangan secara rutin, secara tepat waktu sebagai salah satu prasyarat pencairan Dana Perimbangan.

Lalu, meningkatkan mutu pengelolaan keuangan daerah yang menjadi salah satu indikator penentu pengalokasian Dana Insentif Fiskal. Meningkatkan upaya-upaya penanganan inflasi daerah yang juga merupakan salah satu indikator dalam pengalokasian Dana Insentif Fiskal. Meningkatkan akurasi data sebagai dasar perhitungan alokasi Dana Perimbangan. Mengoptimalkan data pendukung perhitungan potensi Dana Bagi Hasil Provinsi.

Dalam pemandangan umum Fraksi PAN, dikatakannya, Pemko sudah melakukan inovasi di bidang pendapatan dengan pembuatan kanal pembayaran pajak daerah dalam bentuk kerja sama dengan platform pembayaran. Seperti Tokopedia, Gojek dan pembuatan kanal QRIS untuk pajak daerah dan retribusi daerah. Sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak daerah.

”Khusus untuk PBB, telah di implementasikan web service dalam bentuk informasi publik PBB Kota Padang Panjang, serta penerapan sistem informasi geografis. Pada website ini masyarakat dapat mencetak mandiri SPPT PBB serta dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan kanal QRIS,” terangnya.

Ke depan, tambahnya lagi, inovasi ini akan ditingkatkan dengan menyediakan mobil pajak keliling yang akan beroperasi secara terjadwal ke seluruh kelurahan.

“Dengan inovasi ini diharapkan tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak daerah khususnya PBB, semakin meningkat yang akan bermuara pada meningkatnya pendapatan asli daerah,” katanya.

(tia/arb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600