banner pemkab muba
Padang PanjangKPUSumatera Barat

Insan Pers Diharapkan Sebarkan Informasi Objektif dan Terpercaya Jelang Pemilu 2024

207
×

Insan Pers Diharapkan Sebarkan Informasi Objektif dan Terpercaya Jelang Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Kpu Kota Padang Panjang Gandeng Para Insan Pers Melakukan Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024
KPU Kota Padang Panjang gandeng para insan pers melakukan sosialisasi tahapan pemilu serentak tahun 2024. (f/maison)

Mjnews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang gandeng para insan pers baik radio, media online, media cetak maupun elektronik, yang bertugas di Padang Panjang guna melakukan sosialisasi tahapan pemilu serentak tahun 2024.

Ketua KPU Padang Panjang, Puliandri, mengatakan media memiliki peran yang sangat penting terhadap penyelenggaraan pemilu dalam keterbukaan informasi publik dan penyebarluasan informasi khususnya kepada masyarakat luas. Terkait, pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024.

“Dalam rangka menjalin hubungan dengan media, KPU ingin bersilahturami dan bekerjasama dengan baik dengan semua jurnalis yang ada di Kota Padang Panjang. Karena, peran teman teman jurnalis sangat penting dalam melaksanakan tahapan pemilu tahun 2024,” ujarnya saat Sosialisasi di Hotel Pangeran, Jumat (8/12/2023) siang.

Sang Ketua menyebutkan hitung mundur menuju pemilu 14 februari tahun 2024, tingga beberapa bulan lagi menuju pesta demokrasi dalam memilih Perwakilan DPRD Kabupaten Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, dan Capres-Cawapres.

“Harapan kita ke depan, tahapan demi tahapan berjalan dengan baik dan pemilu ini sukses seperti harapan kita bersama. Tentunya, KPU sebagai penyelenggara tidak bisa berjalan sendirian, oleh karena itu kami melakukan sosialisasi dan menjalin kerjasama dengan pihak manapun agar kita dapat menyelenggarakan pemilu 2024 dengan sukses dan baik,” harapnya.

Puliandri menambahkan, bahwa dalam Peraturan KPU tentang tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan pada Pemilu 2024 setidaknya ada 11 tahapan penyelenggaraan dan berharap media di Kota Padang Panjang dapat memberitakan tahapan-tahapan yang dilaksanakan oleh KPU, dimana saat ini sudah beberapa tahapan yang sudah KPU lakukan jelang diselenggarakanya Pemilu serentak tahun 2024.

Sementara Divisi Sosialisasi KPU Kota Padang Panjang, Masnaidi memaparkan, pemilu tidak akan terlaksana tanpa adanya kerjasama dengan insan pers dan media, oleh karena itu keberadaan media ini kita rangkul untuk menyebarluaskan informasi tentang pemilu yang baik dan benar serta menekan berita hoaks.

Di samping itu, media punya peran yang sangat vital dalam suksesnya alek lima tahunan ini. Selain menyebarkan informasi tentang pemilu dan politik, keberadaan media juga sebagai alat filter untuk menyaring berita berita hoaks yang dapat memicu terjadinya konflik politik di masyarakat. Artinya, sebagai corong informasi harus memperlihatkan kanetralitasanya, jangan berpihak pada salah satu calon.

“Pada Pileg tahun 2024 nanti, ada 208 calon Anggota DPRD Padang Panjang yang bakal diduki 20 Kursi yang bakal diperebutkan. Untuk kelancaran Pemilu tahun depan, KPU Padang Panjang dibantu 1.372 orang petugas KPPS untuk 192 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan direkrut. Setiap TPS dibutuhkan tujuh orang. Kita akan memprioritaskan tenaga muda dan sehat. Batas maksimal adalah usia 55 tahun,” ujarnya.

Untuk itu, KPU Kota Padang Panjang mengimbau kepada masyarakat Kota Padang Panjang, baik yang berada dirimah maupun yang tinggal diluar Padang Panjang, untuk datang ke TPS guna memberikan hak suaranya pada pemilu tahun depan. Artinya, suksesnya penyelenggaraan pemilu dilihat dari banyaknya orang datang memilih ke TPS.

Hadir, lengkap Komisioner KPU, Ketua PWI, Ketua FKJIP, KNPI, Karang Taruna, dan puluhan Wartawan yang menjalankan tugas jurnalistiknya di Kota Padang Panjang.

(Son)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600