Padang PanjangSumatera Barat

SDN 10 Padang Panjang Barat Peringkat Terbaik Program PJAS BPOM 2023

153
×

SDN 10 Padang Panjang Barat Peringkat Terbaik Program PJAS BPOM 2023

Sebarkan artikel ini
Sdn 10 Padang Panjang Barat Peringkat Terbaik Program Pjas Bpom 2023
SDN 10 Padang Panjang Barat Peringkat Terbaik Program PJAS BPOM 2023. (f/ist)

Mjnews.id – Sekolah Dasar Negeri/SDN 10 Padang Panjang Barat (PPB) meraih peringkat terbaik Program Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang diumumkan Kamis (21/12/2023), di Auditorium Mifan Waterpark.

Dua penghargaan diserahkan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang kepada sekolah ini. Penghargaan Sekolah dengan Komitmen terbaik diserahkan Pengawas Farmasi dan Makanan (PFM) Ahli Muda BBPOM, Yon Firman, S.Si, Apt yang juga Ketua Tim Desa Pangan Aman.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Sedangkan Penghargaan Komitmen Melaksanakan Program Keamanan Pangan Sekolah dengan PJAS, diserahkan PFM Ahli Muda BBPOM, Reni Sepriyanti, S.Farm, Apt yang juga Ketua Tim Sekolah dengan PJAS Aman.

“Alhamdulillah, berkat kerja sama yang baik, SDN 10 PPB meraih sekolah dengan komitmen terbaik PJAS BPOM tahun ini,” ujar Kepala SD N 10 PPB, Desna Yanty, S.Pd didampingi Ketua PJAS SD N 10, Fitri Kumala Sari, S.Pd, Jumat (22/12).

Desna menyebutkan, prestasi itu diperoleh berkat kerja sama yang baik dari semua pihak. “Harapan kami, kegiatan dan prestasi ini bisa berlanjut ke tingkat Nasional,” ujarnya.

Dia juga berharap, kegiatan PJAS dapat dilakukan seluruh sekolah agar bisa melahirkan anak bangsa yang sehat, cerdas, dalam menghadapi tantangan global dimasa depan.

Prestasi yang diraih SD N 10 PPB itu mengangkat profil kantin sekolah yang dipercaya BPOM melaksanakan program PJAS dan telah berjalan dengan baik.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya BPOM untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman serta mendukung gerakan pemerintah dalam pencegahan stunting (gagal tumbuh akibat kurangnya asupan gizi).

Pangan yang dimakan komunitas sekolah dapat berupa pangan jajanan yang tersedia dalam sekolah maupun di luar lingkungan sekolah namun terjaga kualitasnya.

Desna menambahkan, salah satu elemen penting dalam kemandirian sekolah adalah hadirnya komunitas sekolah (kepala sekolah, guru, komite, siswa, orang tua siswa, dan pedagang PJAS) yang berpartisipasi aktif dalam mewujudkan pangan jajanan anak sekolah termasuk menyosialisasikan secara aktif pesan keamanan pangan sekolah.

“Kegiatan ini berjalan baik dengan arahan dan pendampingan berbagai pihak seperti tim BPOM, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, kelurahan, juga tim sekolah yang solid,” tambahnya.

Selain SDN 10 PPB, beberapa sekolah lainnya juga menerima penghargaan yang sama.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT