banner pemkab muba
Pasaman Barat

Lima Titik Pembangunan Fisik Berjalan di Nagari Rabi Jonggor, Pemerintah Daerah Beri Apresiasi

103
×

Lima Titik Pembangunan Fisik Berjalan di Nagari Rabi Jonggor, Pemerintah Daerah Beri Apresiasi

Sebarkan artikel ini

WhatsApp%2BImage%2B2021 08 26%2Bat%2B08.47.51
Pj. Walinagari Rabi Jonggor, Pahren

Pasbar, MJNews.ID – Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) belum juga berakhir. Berbagai upaya baik penanganan maupun pencegahan terus dilakukan oleh pemerintah saat ini. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terus melakukan tindakan-tindakan, himbauan dan kebijakan dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 di Indonesia. 

Sebagai jenjang pemerintahan, Pemerintah Nagari juga melaksanakan upaya serius menghadapi “musuh tak kasat mata” ini. Tak terkecuali Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.  Upaya-upaya pencegahan yang dilakukan oleh Pemerintah Nagari Rabi Jonggor bersifat massif agar masyarakat tidak sampai terpapar virus korona. 

Upaya tersebut diantaranya melakukan sosialisasi, penyemprotan cairan disinfektan di tempat-tempat umum hingga ke rumah-rumah penduduk, memberlakukan Pos Jaga. Sukses PPKM yang saat ini masih terus berlanjut dan melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
WhatsApp%2BImage%2B2021 08 26%2Bat%2B11.01.43
Kunjungan Pj. Sekda, Hendra Putra bersama Asisten Pemerintahan, Setia Bhkati didampingi Pj. Walinagari Rabi Jonggor, Pahren ke titik lokasi pembangunan fisik Nagari Rabi Jonggor

Di tengah pandemi ini dan upaya yang dilakukan untuk menanggulanginya, Pemerintah Nagari Rabi Jonggor tetap merealisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari (APB Nagari) Tahun Anggaran 2021 sebagaimana biasa. Salah satu diantaranya pada Bidang Pembangunan Nagari yang menyasar pembangunan infrastruktur dengan pola swakelola dan dikerjakan dengan skema Padat Karya Tunai (PKT).

Tahun 2021, lima proyek pembangunan fisik di Nagari Rabi Jonggor sudah dimulai dan sedang berjalan. Adapun itu seperti Pembangunan Tembok Penahan Tebing (TPT), Jorong Kampung Pinang dengan anggaran Rp 100 juta. Pembangunan Bronjong  Air Dingin dengan anggaran Rp 50 juta. Kemudian lanjutan pembangunan jembatan gantung, Jorong Bandar, Kamoung Lubuk Kaloalo, dengan anggaran sebanyak Rp 300 juta. Selanjutnya pembangunan jalan usaha tani di Jorong Tanjung Durian yakni rabat beton, Kampung Banjar Timo dengan jumlah anggaran Rp 80 juta. Juga rehab jembatan, Jorong Baruh Gunung dengan anggaran Rp 50 juta.

WhatsApp%2BImage%2B2021 08 26%2Bat%2B11.01.43%2B%25284%2529
Pembangunan Tembok Penahan Tebing, Jorong Kampung Pinang, Nagari Rabi Jonggor

Pejabat Walinagari Rabi Jonggor, Pahren didampingi Sekna, Warta Irawan dan Kasi Kesejahteraan, Ajrul Huda kepada media ini menyampaikan, Pemerintah Nagari Rabi Jonggor melaksanakan pembangunan infrastruktur ditengah pandemi Covid-19, dengan tidak mengabaikan usaha untuk melakukan penanggulangan terkait penyebaran virus tersebut. Apa yang dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengenai Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

Dikatakan, bahwa pelaksanaan pembangunan infrastruktur dengan skema Padat Karya Tunai di Nagari Rabi Jonggor dapat memberdayakan potensi Sumber Daya Manusia yang ada sebagai wujud dalam menjawab penanganan Covid-19. Menurutnya, masyarakat yang melakukan PKT akan memperoleh pendapatan ditengah desakan ekonomi saat ini dalam kesibukan penanganan Covid-19.

WhatsApp%2BImage%2B2021 08 26%2Bat%2B11.01.43%2B%25286%2529
Pembangunan Jembatan di Jorong Baruh Gunung
“Apa yang sudah direncanakan dalam kegiatan pembangunan fisik infrastruktur dengan pola swakelola dengan melibatkan skema PKT sesuai dengan Surat Edaran dari Kementrian Desa dan PDTT, bahwa Nagari Rabi Jonggor telah dapat memberdayakan pontensi SDM yang ada sebagai wujud salah satu untuk menjawab penanganan Covid-19, karena ada pendapatan yang diterima di tengah desakan ekonomi di saat ini dalam kesibukan penanganan Covid-19.” terangnya.

“Dengan nagari yang kuat apapun yang dihadapi negara ini akan bisa diatasi atau terselesaikan, inilah filosifi dengan Nagari Membangun.” lanjutnya.

Dikatakannya juga kesuksesan pembangunan yang berlangsung saat ini berkat dorongan dan dukungan dari masyarakat di Nagari Rabi Jonggor.

”Tanpa suport dan dukungan masyarakat, mungkin kami dari pemerintah Nagari akan terkendala membangun kegiatan fisik tersebut” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya pembangunan infrastruktur ini akan semakin meningkatkan kemajuan nagari yang berimbas pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Nagari Rabi Jonggor. Sehingga cita-cita pembangunan Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi yakni memberantas kemiskinan dan meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat terwujud.

WhatsApp%2BImage%2B2021 08 26%2Bat%2B09.14.31
Pembangunan Rabat Beton, Kampung Banjar Timo, Rabi Jonggor

Terpisah Bupati Pasaman Barat, H. Hamsuardi mengatakan, apa yang sudah dilakukan Pemerintah Nagari Rabbi Jonggor dibawah pimpinan Pj. Walinagari Pahren sudah sangat tepat. Kendati dalam krisis pandemi Covid 19, pembangunan fisik tidak boleh terabaikan. Tetapi sesuai dengan aturan yang berlaku. 

“Ini yang tepat, pembangunam fisik harus tetap dilaksanakan sesuai aturan dimasa pandemi ini. Penting dalam peningkatan infrastruktur dan perekonomian masyarakat. Kita apresiasi kepada Nagari Rabi Jonggor dan Pj. Walinagarinya,” ujar Hamsuardi. 

WhatsApp%2BImage%2B2021 08 26%2Bat%2B11.01.43%2B%25283%2529
Pembangunan Jembatan Gantung di Jorong Lubuk Kaloalo, Rabi Jonggor

Hal yang sama juga dikatakan Wakil Bupati Pasaman Barat, H. Risnawanto. Pembangunan infrastruktur seperti yang dilakukan Nagari Rabi Jonggor hendaknya juga ditiru nagari nagari lain. Sebab, walau saat ini ditengah pandemi, semua berjibaku mengatasi penularan virus Covid 19, pembangunan fisik jangan terabaikan. 

“Saya apresiasi Nagari Rabi Jonggor. Saya melihat yang dibangun nantinya akan sangat bermanfaat untuk masyarakat. Asaz manfaat ini yang penting dalam membangun insfrastruktur fasilitas umum,” tegas Wabup.

WhatsApp%2BImage%2B2021 08 20%2Bat%2B08.21.33
Pembangunan Bronjong di Jorong Air Dingin, Rabi Jonggor

Sementara itu, Pj Sekda Pasaman Barat, Hendra Putra mengaku sudah meninjau pembangunan fisik yang tengah dilaksanakan di Nagari Rabi Jonggor. Ia mengaku senang dan bangga, melihat keseriusan Pj. Walinagari Rabi Jonggor beserta jajaran melaksanakan kegiatan-kegiatan nagari, baik fisik maupun non fisik. Termasuk dalam hal penanggulangan Covid 19. 

“Beberap waktu lalu saya bersama Asisten Pemerintahan, Setia Bhakti yang juga didampingi Pj. Walinagari, Pahren melihat pembangunan-pembangunan di Nagari Rabi Jonggor. Alhamdulillah, sasarannya tepat, hasilnya juga sangat bagus. Akan berguna nantinya bagi kepentingan bersama masyarakat. Sebagai Sekda, saya apresiasi kepada Pj. Walinagari dan  jajarannya,” ungkap Hendra.


(dika)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600