Pasaman BaratSumatera Barat

Kejari Pasbar Adakan Lomba Puisi dan Surat Terbuka Tingkat SMP dan SMA, Ini Pemenangnya

164
×

Kejari Pasbar Adakan Lomba Puisi dan Surat Terbuka Tingkat SMP dan SMA, Ini Pemenangnya

Sebarkan artikel ini
Kajari Pasbar, M. Yusuf Putra Serahkan Haidah Lomba Puisi Dan Surat Terbuka Tingkat Smp
Kajari Pasbar, M. Yusuf Putra serahkan haidah Lomba Puisi dan Surat Terbuka Tingkat SMP. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2023, Kejaksaan Negeri Pasaman Barat (Kejari Pasbar) mengadakan Lomba Puisi dan Surat Terbuka Tingkat SMP dan SMA/SMK se-Kabupaten Pasaman Barat serta Edukasi Anti Korupsi usia remaja dengan tema ‘Maju Membangun Negeri Tanpa Korupsi’, Selasa (12/12/2023) di Aula Kantor Kejari setempat.

Bupati Hamsuardi yang turut hadir pada kesempatan itu mengapresiasi Kejari Pasbar yang telah melaksanakan lomba.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Menanggapi perihal Kejari yang juga memberikan tiga unit sepeda motor untuk UPT. BLK Pasbar dan lima unit motor untuk SMKN 1 Gunung Tuleh, Bupati Hamsuardi menegaskan hal itu sangat bermanfaat sebab dapat dipergunakan oleh siswa untuk latihan atau praktek di sekolah.

“Ini sangat bermanfaat, sebab banyak sekali motor yang membutuhkan perawatannya dengan baik. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini, anak-anak kita di BLK bisa berlatih dan praktek bengkel. Harapan kita nantinya keluar dari BLK mereka bisa langsung bekerja. Untuk siswa SMKN 1 Gunung Tuleh juga, kita berharap nantinya dapat belajar memperbaiki sepeda motor ini,” jelas Bupati Hamsuardi.

Sementara, Kepala Kejari Pasbar, M. Yusuf Putra menjelaskan bahwa membangun negeri dan mengantisipasi korupsi merupakan satu hal yang tidak bisa dipisahkan. Hal tersebut menjadi semangat dan komitmen serta tekat bersama. Lomba itu lanjutnya, diangkat dengan alasan karena ternyata korupsi bukan hanya semata mata persoalan hukum, tetapi juga ada persoalan sosial, budaya, ekonomi, politik dan aspek seni di dalamnya.

“Hari ini kita lakukan rangkaian kegiatan berupa lomba puisi dan surat terbuka tingkat SMP dan SMA/SMK. Kenapa kita memilih kegiatan tersebut, karena isu atau permasalahan terkait dengan korupsi ini sudah menjadi isu bersama dan tidak cukup hanya dengan sentuhan aspek hukum semata, tidak cukup dengan penegak hukum semata, memenjarakan, merampas, menyita, melelang aset tetapi juga harus menggunakan pendekatan lainnya,” jelasnya.

Ia berharap kepada generasi muda khususnya usia SMP dan SMA/SMK untuk dapat mencoba dan mengartikulasikan pemikirannya, mencoba untuk mengungkapkan apa yang dibenaknya dan dalam perasaannya berkaitan dengan semangat anti korupsi dan dapat dituangkan dalam bentuk puisi dan surat terbuka.

Setelah menyaksikan penampilan para peserta, Kepala Kejari Pasbar M. Yusuf Putra didampingi Bupati Hamsuardi dan stakeholder terkait menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba. Pemenang lomba surat terbuka tingkat SMP diantaranya Juara 1 Mafaza Hilwa Syahidah (SMP IT Al-Kahfi), Juara 2 Ainun Nizwa Asqia (SMPN 3 Kinali), dan Juara 3 Haikal Ramadhan (SMPN 1 Lembah Melintang).

Sementara pemenang lomba Surat Terbuka tingkat SMA adalah Juara 1 dimenangkan oleh Ghozi Alghifar (SMKN 1 Gunung Tuleh), Juara 2 Ilona Petrina Henri (SMAN 1 Ranah Batahan), dan Juara 3 Citra Amelia (SMAN 2 Ranah Batahan).

Juara Puisi tingkat SMP diraih oleh Yulia Rahma (MTsN 5 Pasaman Barat) sebagai Juara 1, Juara 2 Athifa Permata Ayunda (MTsN 4 Pasaman) dan Juara 3 Faiza Zahira Hamdi (SMP IT Al Kahfi). Sedangkan Puisi Tingkat SMA, Juara 1 dimenangkan oleh Putra Jack Channing Telaumbanua (SMAN 1 Luhak Nan Duo), Juara 2 Gadis Arafia (MAM Tamiang Ujung Gading) serta Juara 3 Aisyah Edrina Ali (MAN 5 Pasaman Barat).

(wal)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT