Pesisir SelatanSumatera Barat

Dandim Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 di Kantor Bupati Pessel

87
×

Dandim Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 di Kantor Bupati Pessel

Sebarkan artikel ini
Dandim Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-78 Di Kantor Bupati Pessel
Dandim 0311 Letkol Inf Sunardi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 di Kantor Bupati Pessel. (f/diskominfo)

MJNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengelar Upacara memperingati Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023, bertempat di Halaman Kantor Bupati Pesisir Selatan Jalan H Agus Salim Nomor 1 Painan, Jum’at (10/11/2023).

Upacara Hari Pahlawan ke-78, tanggal 10 November 2023 di Painan ini dipimpin oleh Dandim 0311/Pesisir Selatan, Letkol Inf Sunardi, sebagai Inspektur Upacara. Bertindak sebagai Komandan Upacara Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023 ini, Lettu Inf Rusdi Antoni, saat ini menjabat sebagai Dan Unit Inteldim Komando Distrik Militer, Kodim 0311/Pesisir Selatan.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dandim 0311/Pesisir Selatan Letkol Inf Sunardi, yang diamanahkan untuk memimpin Upacara Hari Pahlawan tersebut menyampaikan Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan ke-78, Tanggal 10 Novermber 2023.

Menteri Sosial RI Tri Rismaharani, dalam Amanatnya mengatakan, Hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab tantangan penjajahan modren yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara.

Dijelaskan, Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok atau diri sendiri.

Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan Bangsa pecundang Kita tidak akan pernah relah untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tatangan akan kita hadapi. Dengan tangan menggepal dan dada menggelora.

“Bersyukur saat ini, semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok Negeri,”imbuhnya.

Semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945. Semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Menyatukan kita dalam upaya Mewujudkan Kehidupan Kebangsaan yang Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur. Serta Memajukan Kesejahteraan Umum, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Turut hadir pada Upacara Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023 ini, adalah Ketua DPRD Pesisir Selatan, Ermizen, S.Pd, Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Novianto Taryono, S.H, S.I.K, M.H , Kajari, Ketua PN Painan, Pejabat II dan III Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.

Peringatan Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023 ini ditutup dengan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan di Sago, Pesisir Selatan.

(canang)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT