Solok SelatanSumatera Barat

Penilaian KAN Tingkat Provinsi, Bupati Solok Selatan: Keberadaan KAN Melengkapi Wali Nagari

176
×

Penilaian KAN Tingkat Provinsi, Bupati Solok Selatan: Keberadaan KAN Melengkapi Wali Nagari

Sebarkan artikel ini
Penilaian Kan Tingkat Provinsi Di Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo
Penilaian KAN Tingkat Provinsi di Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan, Selasa (5/9/2023). (f/kominfo)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menilai keberadaan Kerapatan Adat Nagari (KAN) berperan penting dalam hal menjaga adat istiadat dan budaya yang ada di daerah. KAN juga dinilai menjadi pelengkap dari keberadaan Wali Nagari untuk mempertahankan nilai adat di tengah gempuran pesatnya teknologi saat ini.

Hal ini disampaikan Bupati Solok Selatan H. Khairunas saat menerima Tim Penilai dalam rangka Penilaian KAN Tingkat Provinsi di Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Selasa (5/9/2023).

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Keputusan KAN ibarat titah bagi anak kemenakan sehingga keberadaan KAN itu menyempurnakan dan melengkapi Wali Nagari. Makna KAN jadi lembaga adat di nagari, apalagi kehidupan anak nagari dengan semakin pesatnya arus informasi dan teknologi tidak sedikit berpengaruh negatif yang mengancam nilai adat. Namun dengan keberadaan KAN masih bisa dipertahankan secara turun temurun,” kata Khairunas.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan KAN Sungai Kunyit dipilih untuk mewakili Solok Selatan dalam penilaian ini dilakukan lantaran dinilai sudah modern dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan kondisi saat ini.

Saat ini KAN Sungai Kunyit mampu menjembatani kerja sama antara perusahaan perkebunan kepala sawit dan niniak mamak dan anak kemenakan untuk memanfaatkan tanah ulayat demi meningkatkan perekonomian melalui koperasi.

Selain itu, KAN juga berperan merangkul masyarakat eks-transmigrasi dan diterima sebagai anak kemenakan dari suku yang ada di nagari tersebut.

“Semoga yang sudah dijalani bisa terus dilestarikan apalagi kalau dapat predikat paling baik. Keberhasilan itu akan jadi energi dan vitamin untuk terus berbuat lebih baik,” katanya.

Lebih lanjut, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda berharap segala hal yang sudah dijalankan oleh KAN dan niniak mamak bisa memberikan nilai tambah dalam penilaian tersebut.

Selain itu, dia menyebutkan bahwa penilaian ini juga merupakan bentuk apresiasi kepada KAN dan niniak mamak yang sudah bersusah payah dalam menjaga adat dan budaya di Solok Selatan.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Wakil Bupati Solok Selatan H. Yulian Efi, Forkopimda, Sekretaris Daerah H. Syamsurizaldi, Ketua TP-PKK, Ketua GOW, Ketua DWP, Asisten dan Staf Ahli, serta jajaran Kepala OPD.

(sus)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT