Tekno

ChatGPT, Kecerdasan Buatan Model Bahasa Alami yang Canggih

857
×

ChatGPT, Kecerdasan Buatan Model Bahasa Alami yang Canggih

Sebarkan artikel ini
Chatgpt Openai

Mjnews.id – Salah satu pencapaian terbaru dunia kecerdasan buatan yang menarik perhatian adalah pengembangan model bahasa alami yang canggih bernama ChatGPT. Model yang dikembangkan OpenAI ini, telah mendapatkan popularitas besar karena kemampuannya untuk berinteraksi secara alami dengan pengguna.

Dikutip itb.ac.id, begini kata Dr. Eng. Ayu Purwarianti, S.T, M.T., dosen pada Kelompok Keahlian Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB, juga mengemban tugas sebagai Head of Artificial Intelligence Center di ITB, tentang ChatGPT ini.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“ChatGPT adalah salah satu aplikasi Artificial Intelligence, lebih tepatnya di bidang natural language processing yang di dalamnya memanfaatkan Pre-trained Generative Large Language Model. Ini merupakan suatu model Artificial Intelligence yang awalnya dibangun dari data unsupervised,” ucap Dr. Ayu.

Machine Learning

Salah satu teknik dalam Artificial Intelligence adalah machine learning, yang mana jika kita membangun suatu model AI dengan machine learning maka kita juga harus menyediakan data. Data itu yang nantinya kita masukkan ke dalam algoritma machine learning dan menghasilkan sebuah model Artificial Intelligence karena machine learning itu nantinya akan mempelajari pola yang ada di dalam data.

Data ini juga memiliki jenis yang bermacam-macam, pembagiannya dapat berupa data supervised dan data unsupervised.

Cara Kerja Chatgpt
Cara Kerja Chatgpt. (F/Slide Presentasi Penjelasan Chatgpt Ayu Purwarianti)

Apabila data supervised harus diberikan penambahan label data secara manual, sebagai contoh data pada media sosial nantinya akan secara manual diberikan label positif, negatif ataupun netral oleh seorang data annotator, meskipun saat ini juga sudah ada jenis data semi-supervised yang pemberian labelnya secara otomatis dan nantinya akan dicek kembali.

Berbeda dengan data unsupervised, yang tidak perlu ada label data dan kedua jenis data ini memiliki tugas yang berbeda.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT