BeritaSumatera Barat

Asyik! Seribu Pelaku UMKM Sumbar Terima Pendampingan Sertifikat Halal Self Declaire Gratis

139
×

Asyik! Seribu Pelaku UMKM Sumbar Terima Pendampingan Sertifikat Halal Self Declaire Gratis

Sebarkan artikel ini
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy Hadiri Kegiatan Fasilitasi Pendampingan Sertifikat Halal Self Declaire Gratis Bagi 1.000 Usaha Mikro Sumbar Di Auditorium Unp
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy hadiri kegiatan Fasilitasi Pendampingan Sertifikat Halal Self Declaire Gratis bagi 1.000 Usaha Mikro Sumbar di Auditorium UNP. (f/pemprov)

Mjnews.id – Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Audy Joinaldy, menekankan bahwa sertifikat halal telah menjadi standar global yang harus dipenuhi seluruh pelaku usaha, termasuk pelaku UMKM di Sumbar.

Hal itu disampaikan Wagub saat menghadiri kegiatan Fasilitasi Pendampingan Sertifikat Halal Self Declaire Gratis bagi 1.000 Usaha Mikro Sumbar di Auditorium UNP, Kamis 28 Maret 2024.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Kegiatan itu sendiri merupakan bagian dari iven Roadshow #KitaHalalin2024 yang dijalankan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM, serta juga terselenggara berkat kerja sama dengan Kantor Pewakilan Bank Indonesia Sumatera Barat (BI Sumbar), Bank Nagari, dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang.

“Kita ucapkan terima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UMKM yang telah memfasilitasi lagi sertifikasi halal bagi 1.000 pelaku UMKM kita. Tentu kita masih membutuhkan lebih banyak pendampingan dan pembinaan. Sebab, saat ini Sumbar bersama NTB adalah dua destinasi utama wisata halal di Indonesia,” ucap Wagub Audy dalam sambutannya.

Wagub menekankan, bahwa sertifikasi dan label halal telah menjadi standar global dan dibutuhkan oleh masyarakat dunia. Bahkan, di negara mayoritas nonmuslim sekali pun, aspek halal telah menjadi sebuah kewajiban, terlebih lagi di Indonesia yang dominan muslim.

Sebab, halal bukan lagi sekadar makanan, akan tetapi juga soal tampilan, kemasan, dan kebersihan produk.

“Pendampingan sertifikasi halal ini jelas sangat in line dengan visi-misi kita bersama Bapak Gubernur, yaitu mencetak 100.000 entrepreneur dan womenpreneur. Kita tidak bosan mengatakan, kita terus membutuhkan bantuan yang lebih banyak , terutama sekali dalam hal pembinaan. Sehingga, pelaku UMKM kita terus meningkat kemampuannya dalam hal kualitas produk,” ucap Wagub lagi.

Di sisi lain, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, diwakili Deputi Usaha Mikro Kemenkop UMKM, Yulius menyebutkan, Roadshow #KitaHalalin2024 di Sumbar merupakan penyelenggaraan ketiga dari total 15 lokasi penyelenggaraan di seluruh Indonesia.

Kami Hadir di Google News