Berita

Ini Perbedaan Mother’s Day yang Diperingati Setiap Mei, dengan Hari Ibu di Indonesia

374
×

Ini Perbedaan Mother’s Day yang Diperingati Setiap Mei, dengan Hari Ibu di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Mother'S Day
Happy Mother's Day. (f/shutterstock)

Mjnews.id – Tau gak sih? Ternyata Hari Minggu (14/05/2023) ini bertepatan dengan peringatan Mother’s Day, hari dimana orang-orang memperingati hari ibu. Mother’s Day kalau diterjemahkan sama artinya dengan Hari Ibu?

Mayoritas masyarakat Indonesia tahu bahwa Hari Ibu dirayakan setiap tahun pada tanggal 22 Desember. Tapi kok mengapa dirayakan pada tanggal yang berbeda? Bagaimana sejarahnya Banyak masyarakat Indonesia yang bertanya-tanya tentang hal tersebut.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Mari kita simak sejarahnya, waktu perayaannya, dan negara mana saja yang merayakan Mother’s Day.

Waktu Perayaan Mother’s Day

Waktu perayaan Mother’s Day setiap tahunnya berbeda-beda lho, karena dirayakan pada hari Minggu kedua di bulan Mei, pasti dong tanggalnya berbeda-beda.

Pada tahun ini, Mother’s Day jatuh pada hari Minggu, 14 Mei 2023. Tahun lalu, pada tanggal 8 Mei 2022, dan pada tahun 2024 mendatang, Mother’s Day akan dirayakan pada tanggal 12 Mei.

Beberapa negara yang merayakan Mother’s Day setiap tahunnya antara lain Amerika Serikat, India, Australia, Kanada dan Selandia Baru.

Sejarah Mother’s Day

Sejarah perayaan Mother’s Day bermula sejak zaman Romawi dan Yunani kuno, dengan mengadakan festival untuk menghormati ibu Dewi Rhea dan Cybele. Pada zaman modern, perayaan Mother’s Day dimulai dari kampanye yang dilakukan oleh Anna Jarvis pada abad ke-19 di Amerika Serikat.

Anna Jarvis ingin menetapkan satu hari dalam setahun untuk menghormati jasa dan pengorbanan ibunya, Ann Reeves Javis, dan seluruh ibu di seluruh dunia yang telah mencintai dan merawat anak-anak mereka.

Anna kemudian mengumpulkan sejumlah ibu di Virginia, Amerika Serikat, untuk membahas peran ibu dalam keluarga dan kesejahteraan keluarga.

Setelah ibunya meninggal dunia, Anna memimpin peringatan Mother’s Day dengan memperingatinya pada hari Minggu 8 Mei, sebagai hari penghormatan untuk ibunya, Ann Reeves Javis.

Sejak itu, perayaan Mother’s Day terus dirayakan dari tahun ke tahun di berbagai negara hingga saat ini.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT