HukumPolitik

Apresiasi Putusan Sistem Pemilu Terbuka, PKB Sebut MK Bijaksana dan Adil

279
×

Apresiasi Putusan Sistem Pemilu Terbuka, PKB Sebut MK Bijaksana dan Adil

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua Dpp Pkb, Jazilul Fawaid
Wakil Ketua DPP PKB, Jazilul Fawaid. (f/ist)

Mjnews.id – Mahkamah Konstitusi (MK) baru saja mengurai kekurangan dan kelebihan sistem Pemilu terbuka pada 2024. Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) ini, memberikan gambaran bahwa sistem Pemilu (Pemilihan Umum) terbuka dapat lebih meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPP PKB, Jazilul Fawaid merespon Mahkamah Konstitusi memutuskan sistem Pemilu 2024 terbuka, pada Kamis 15 Juni 2023.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Menurut Gus Jazil, ada dua poin penting yang disampaikan oleh MK dalam keputusannya. Pertama, sistem Pemilu terbuka dapat mendekatkan pemilih dengan calon yang dipilih. Kedekatan ini memungkinkan rakyat untuk memiliki peran aktif dalam menentukan pemimpin mereka.

“Partisipasi yang luas dan kuat sekaligus memenuhi aspirasi adalah inti dari demokrasi,” tegas Gus Jazil.

Menurutnya, partisipasi yang luas adalah kunci utama dalam memastikan bahwa suatu sistem pemilihan dapat menghasilkan perwakilan yang aspiratif. Melalui partisipasi yang kuat, rakyat memiliki kebebasan untuk memilih calon yang mereka anggap paling aspiratif.

Dalam keputusan MK, terdapat penekanan bahwa sistem Pemilu harus meningkatkan partisipasi rakyat secara menyeluruh. Hal ini memberikan kesempatan kepada rakyat untuk menentukan siapa pemimpin atau calon legislatif yang mereka pilih.

Gus Jazil menekankan bahwa ini adalah hal yang penting, karena perwakilan hanya dapat tercapai jika wakil yang dipilih benar-benar aspiratif.

“Pemilihan yang tidak sesuai dengan tujuan tidak akan memberikan hasil yang diinginkan,” tandasnya.

Dalam rangka mendukung sistem Pemilu terbuka ini, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya kepada Mahkamah Konstitusi (MK) atas keputusannya yang bijaksana dan adil.

PKB menegaskan bahwa keputusan ini menunjukkan kedaulatan partai dan kedaulatan rakyat yang tetap terjaga.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT