banner pemkab muba
Hukum

Hari Bhakti Adhyaksa ke-63, Kajari Dharmasraya Ungkap Berbagai Penanganan Kasus

247
×

Hari Bhakti Adhyaksa ke-63, Kajari Dharmasraya Ungkap Berbagai Penanganan Kasus

Sebarkan artikel ini
Press release di Kejaksaan Negeri Kabupaten Dharmasraya, Sabtu, 22 Maret 2023
Press release di Kejaksaan Negeri Kabupaten Dharmasraya, Sabtu, 22 Maret 2023. (f/eko)

Mjnews.id – Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa yang ke-63 tahun, Kejaksaan Negeri (Kejari) Dharmasraya telah melakukan penanganan berbagai kasus tindak pidana, termasuk kasus tindak pidana umum dan korupsi, serta restorative justice dan kasus lainnya.

Hal ini diungkapkan dalam press release yang diadakan di Kejaksaan Negeri Kabupaten Dharmasraya pada Sabtu, 22 Maret 2023, yang dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Dharmasraya, Dodik Hermawan, dan para kepala seksi di lingkungan Kejaksaan Negeri Kabupaten Dharmasraya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kejari Dharmasraya, Dodik Hermawan, menyampaikan bahwa dalam peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 tahun ini, tema yang diangkat adalah “Penegakan Hukum yang Tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional”. Pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan penegakan hukum dengan tegas namun tetap mengedepankan aspek kemanusiaan.

Hingga saat ini, Kejaksaan Negeri Dharmasraya telah menangani sejumlah kasus tindak pidana umum dengan rincian, Surat Perintah Dilakukan Penyelidikan (SPDP) sebanyak 102 perkara, tahap satu sebanyak 112 perkara, P21 sebanyak 106 perkara, tahap dua sebanyak 103 perkara, dan sidang sebanyak 98 perkara dengan 68 kasus atau perkara telah berkekuatan hukum tetap (inkracht).

Selain itu, Kejaksaan Negeri Dharmasraya juga tengah menangani dua perkara tindak pidana khusus, yaitu dugaan korupsi di proyek rusunawa dan penyidikan kasus korupsi di salah satu nagari, serta proses hukum di persidangan tindak pidana korupsi terkait penerbitan IMB Dinas Satu Pintu di lingkungan pemkab Dharmasraya, yang saat ini menunggu keputusan dari Pengadilan Korupsi Padang.

Dalam program pembinaan, Kejaksaan Negeri Dharmasraya telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti “Jaksa Masuk Kampus”, penerangan dan sosialisasi hukum ke nagari-nagari, serta program “Kejaksaan Menyapa” di wilayah hukumnya.

“Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 tahun, Kejaksaan Negeri Dharmasraya juga telah melaksanakan beberapa kegiatan, termasuk bantuan sosial, senam bersama, dan pertandingan olahraga yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, beberapa waktu lalu,” kata Kepala Kejari Dharmasraya, Dodik Hermawan.

(eko)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600