banner pemkab muba
Kemendag

Natal dan Tahun Baru: Harga Bapok Stabil, Inflasi Terkendali, Pasokan Lancar

256
×

Natal dan Tahun Baru: Harga Bapok Stabil, Inflasi Terkendali, Pasokan Lancar

Sebarkan artikel ini
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (f/humas)

Mjnews.id – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, menegaskan bahwa pemerintah telah menjamin stabilitas dan kendali harga barang kebutuhan pokok (bapok) selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Ini bertujuan untuk menjaga inflasi sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Dia memastikan bahwa koordinasi terus dilakukan dengan pihak-pihak terkait guna memastikan pasokan bapok berjalan lancar agar perayaan Natal dan Tahun Baru dapat berjalan dengan baik.

Mendag Zulkifli menyatakan bahwa periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 menjadi momen penting dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga barang kebutuhan pokok sepanjang tahun 2023.

“Data inflasi yang tercatat hingga November sebesar 2,19 persen, menunjukkan bahwa inflasi masih terkendali dan tetap berada dalam sasaran yang ditetapkan, yaitu 2—4 persen, lebih rendah dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 2,86 persen,” katanya, dalam keterangan yang diterima Senin (25/12/2023).

Kementerian Perdagangan secara rutin memantau harga dan pasokan melalui Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP). Data yang diperoleh pada tanggal 22 Desember 2023 dari 679 pasar di 503 kabupaten/kota menunjukkan bahwa secara umum, harga bapok cenderung stabil. Harga beberapa komoditas, seperti cabai, mengalami penurunan seiring dengan peningkatan pasokan di sebagian besar wilayah Sumatra, Jawa, dan Sulawesi.

Selain cabai, harga beberapa komoditas lainnya seperti tepung terigu, daging ayam ras, telur ayam ras, bawang putih, dan beras juga terpantau stabil. Stabilitas harga beras ini didukung oleh program beras SPHP pemerintah yang berhasil mendistribusikan lebih dari 1,1 juta ton beras.

Harga minyak goreng juga tetap stabil sepanjang tahun 2023, yang didukung oleh program Domestic Market Obligation (DMO) untuk menjaga pasokan minyak goreng dalam negeri. Demikian juga, harga gula pasir dan bawang merah mengalami sedikit fluktuasi, namun kenaikan tersebut masih dalam kewajaran.

Mendag menyatakan bahwa langkah-langkah yang telah diambil pemerintah, seperti program bantuan beras dan DMO, berhasil menjaga stabilitas harga bapok dan pasokan sepanjang tahun, memberikan keyakinan bahwa harga akan tetap terkendali selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600
H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa
Opini

Alhamdulillah. Inilah hari baik, awal tahun, untuk menuliskan…