Kemendagri

Dirjen Dukcapil Kemendagri Ajak Dinas Dukcapil Tingkatkan Pelayanan Prima

177
×

Dirjen Dukcapil Kemendagri Ajak Dinas Dukcapil Tingkatkan Pelayanan Prima

Sebarkan artikel ini
Penutupan Rakornas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 2023.
Penutupan Rakornas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 2023. (f/puspen)

Mjnews.id – Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Teguh Setyabudi secara resmi menutup Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil 2023. Rakornas yang dihadiri jajaran kepala dinas dukcapil seluruh Indonesia itu berlangsung di Hotel Novotel Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (25/10/2023).

Dalam sambutannya, Teguh menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran dukcapil di seluruh Indonesia. Menurutnya, berkat dukungan dan kehadiran dukcapil di seluruh Indonesia, gelaran Rakornas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 2023 dapat terlaksana dengan sukses dan mampu melahirkan rekomendasi serta rumusan yang begitu lengkap.

“Dan kita sungguh juga bersemangat, mari sama-sama kita mewujudkan dukcapil yang PRIMA, yang profesional, responsif, inovatif, yang melayani, dan juga yang akuntabel untuk bisa terus memberikan dukungan kepada Indonesia maju yang terus melaju,” ujar Teguh.

Teguh mengungkapkan, konsep Dukcapil PRIMA yang merupakan akronim dari Profesional, Responsif, Inovatif, Melayani, dan Akuntabel itu dapat digunakan sebagai landasan dalam memperkuat komitmen serta menyamakan gerak langkah jajaran dukcapil baik di pusat maupun daerah. Komitmen itu terutama untuk senantiasa meningkatkan pelayanan publik dan menyukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Dirinya berharap, semangat Dukcapil PRIMA akan mampu meningkatkan kualitas administrasi kependudukan (adminduk) di seluruh Indonesia dan di luar negeri. Pada kesempatan itu, Teguh juga mengajak jajaran dukcapil untuk meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan pelayanan adminduk tersebut.

“Oleh karena itu, tadi sama-sama kita sudah tekankan bersama, rekomendasi, arahan-arahan dari Bapak Menteri Dalam Negeri. Demikian juga arahan yang disampaikan secara taping oleh Bapak MenPAN-RB dan seluruh narasumber yang kita ikuti bersama. Kita bersama-sama komitmen untuk menindaklanjuti sebagaimana rekomendasi yang telah kita sepakati,” imbuhnya.

Sebagai suatu lembaga yang semivertikal, Teguh berharap jajaran dukcapil baik pusat dan daerah mampu bersinergi dalam memberikan pelayanan secara optimal. Seluruh jajaran dukcapil juga didorong untuk konsisten dan siap melaksanakan program-program strategis. Hal ini antara lain mewujudkan dan mengembangkan tata kelola pelayanan dukcapil yang baik, efisien, dan efektif sebagai perwujudan negara hadir untuk membahagiakan masyarakat.

Berikutnya, penguatan infrastruktur inovasi di antaranya melalui SIAK terpusat, Identitas Kependudukan Digital (IKD), dan peremajaan perangkat data center. Kemudian penguatan sistem, jaringan, keamanan data pada aspek regulasi IKD, perlindungan data pribadi, peningkatan kualitas data kependudukan, inovasi, dan monitoring evaluasi (monev).

“Peningkatan kualitas SDM juga sangat penting sebagaimana yang ditekankan oleh Bapak Menteri Dalam Negeri. Ini juga yang harus sama-sama kita lakukan,” pungkas Teguh.

(rel)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600