Kemensos

Anggaran Perlinsos 2024 Rp 496,8 Triliun, Alokasi Kemensos Hanya Rp78 Triliun

136
×

Anggaran Perlinsos 2024 Rp 496,8 Triliun, Alokasi Kemensos Hanya Rp78 Triliun

Sebarkan artikel ini
Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial, Robben Rico
Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial, Robben Rico. (f/humas)

Mjnews.id – Anggaran Perlindungan Sosial (Perlinsos) 2024 yang disampaikan pemerintah sebesar Rp496,8 triliun dari APBN 2024 terbagi untuk beberapa kementerian dan lembaga. Anggaran tersebut bukan hanya untuk Kementerian Sosial.

“Anggaran Perlinsos untuk Kementerian Sosial pada 2024 sebesar Rp78 triliun,” kata Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial, Robben Rico menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta, Jumat (1/12/2023) sore.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Kementerian Sosial (Kemensos) akan menggunakan anggaran itu antara lain untuk Program Keluarga Harapan, bansos sembako, pelaksanaan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) untuk anak, lansia, penyandang disabilitas, kelompok rentan, dan yatim piatu, serta permakanan bagi lansia dan penyandang disabilitas. Termasuk penanganan dampak bencana dan Lumbung Sosial, serta pembangunan Rumah Sejahtera Terpadu, dan program pemberdayaan Pahlawan Ekonomi Nusantara.

Anggaran Perlinsos melalui belanja non kementerian / lembaga direncanakan sebesar Rp326,8 triliun. Anggaran sebesar itu antara lain dialokasikan untuk penyaluran subsidi BBM, penyaluran subsidi LPG tabung 3 kilogram, dan penyaluran subsidi bunga KUR, disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani di Istana Negara, Rabu (29/11/2023).

Sementara itu, sekitar Rp92 triliun merupakan Anggaran Perlinsos di Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Agama, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Serta untuk pemerintah daerah melalui Transfer Ke Daerah (TKD).

(rel)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT