Kepulauan Riau

Kawasan Kuliner Akau Potong Lembu Tanjungpinang Kini Tampil Lebih Modern

231
×

Kawasan Kuliner Akau Potong Lembu Tanjungpinang Kini Tampil Lebih Modern

Sebarkan artikel ini
Wajah Baru Akau Potong Lembu, Kota Tanjungpinang
Wajah baru Akau Potong Lembu, Kota Tanjungpinang, setelah direvitalisasi. (f/pemprov kepri)

Mjnews.id – Revitalisasi Akau Potong Lembu di Kota Tanjungpinang menjadi sorotan usai diresmikan Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, serta Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Wenj, pada Minggu (24/12/2023).

Akau Potong Lembu, yang telah lama menjadi ikon kuliner di Tanjungpinang, kini mengalami perubahan signifikan. Revitalisasi ini melibatkan peningkatan infrastruktur, mulai dari paving blok, atap polyglass berwarna kuning, hingga penambahan gerobak pedagang makanan dan minuman yang seragam. Bahkan, fasilitas toilet yang awalnya hanya dua unit sekarang telah ditingkatkan jumlahnya dan dipisahkan antara toilet pria dan wanita.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Gubernur Ansar menyatakan bahwa revitalisasi Akau Potong Lembu adalah bagian dari upaya memperindah Kota Tanjungpinang sebagai Ibukota Provinsi Kepri. Langkah-langkah ini sejalan dengan program penataan kota lainnya yang dilakukan di sejumlah area strategis seperti Bandara RHF, Pulau Penyengat, kawasan kota lama Tanjungpinang, dan Gurindam Dua Belas.

“Kami ingin menciptakan suasana yang nyaman bagi mereka yang mengunjungi Tanjungpinang. Dengan penataan Akau yang telah dilakukan, masyarakat kini dapat menikmati kuliner legendaris ini dengan kenyamanan yang lebih,” ungkap Ansar Ahmad.

Selain penataan Akau, Gubernur Ansar juga merencanakan pengecatan ulang pada ruko-ruko di sekitar Akau Potong Lembu untuk menambah keindahan estetika kawasan tersebut. Dia juga mengajak masyarakat Tanjungpinang untuk mendukung pemerintah dalam menjaga keindahan kota yang mereka cintai.

Pj Walikota Tanjungpinang, Hasan, menekankan bahwa revitalisasi Akau Potong Lembu bukan hanya tentang perbaikan infrastruktur, tetapi juga tentang menciptakan ruang terbuka yang mendukung interaksi sosial dan mempromosikan kebudayaan lokal. Upaya ini telah meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat sekitar berkat lonjakan jumlah pengunjung yang ingin menikmati kuliner di Akau.

Hasan juga menyampaikan alokasi anggaran dari APBD Kota Tanjungpinang untuk tahun 2023, termasuk pembangunan kawasan kuliner dan rehabilitasi drainase. Sementara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau turut menyumbangkan dana sebesar 2 miliar Rupiah untuk proyek revitalisasi Akau Potong Lembu.

Selain itu, ada penandatanganan penyerahan Akau Potong Lembu dari Pemerintah Kota Tanjungpinang ke BUMD Tanjungpinang, yang akan menjadi pengelola kawasan tersebut. Berbagai langkah telah dilakukan, termasuk pengadaan berbagai fasilitas seperti gerobak, meja, kursi, pengecoran area pelataran dan pedestrian, instalasi listrik, dan pekerjaan lainnya untuk meningkatkan kualitas area tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepri, Rizky Faisal, Wakil Ketua I Novaliandri Fathir, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, Dandim 0315/Tanjung Letkol Inf Eka Ganta Chandra, Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Pnb Andi Nur Abadi, Kapolresta Tanjungpinang, Kombes Pol. H. Ompusunggu, dan perwakilan Forkopimda Tanjungpinang lainnya.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT