KesehatanKabupaten SijunjungSumatera Barat

Ingin RS Pratama Kamang Baru sebagai Rujukan, Bupati Sijunjung Temui Menteri Kesehatan

176
×

Ingin RS Pratama Kamang Baru sebagai Rujukan, Bupati Sijunjung Temui Menteri Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, Audiensi Dengan Menteri Kesehatan Ri, Budi Gunadi Sadikin
Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, audiensi dengan Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, Rabu (24/1/2024). (f/dicko)

Mjnews.id – Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, melakukan audiensi ke Kementerian Kesehatan RI dan diterima langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, Rabu (24/1/2024).

Pada kesempatan itu, Menteri Kesehatan RI didampingi oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat, Dirjen Pelayanan Kesehatan dan Dirjen Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Audiensi tersebut merupakan upaya peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Sijunjung. Bupati melaporkan pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Kamang Baru dan berharap agar rumah sakit tersebut segera diresmikan sebagai Rumah Sakit Rujukan Sumatera Bagian Tengah untuk layanan Ibu dan Anak.

Bupati Benny Dwifa menyampaikan terimakasih kepada Menteri Kesehatan RI atas perhatian terhadap peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Sijunjung. Pemerintah Kabupaten Sijunjung telah menerima dana melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Kesehatan untuk RS Pratama. Selain itu, hibah alat ukur untuk anak atau antropometri yang berguna sabagai alat validasi stunting sebanyak 305 paket atau sebesar Rp2,4 M.

“Alhamdulillah Pemkab Sijunjung mendapatkan dana melalui DAK Fisik Bid kesehatan untuk RS Pratama sebesar Rp7,7M lebih, untuk kegunaan seperti ambulance dan puskesmas keliling berupa kendaraan Roda 4 dan Roda 2 dan termasuk DAK Non Fisik sebesar hampir 13 M,” tuturnya.

Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan RI, menyambut baik kedatangan Bupati Sijunjung dan memberikan apresiasi terhadap peningkatan layanan kesehatan di kabupaten tersebut.

Budi mengakui, bentuk keseriusan Pemkab Sijunjung dalam pelayanan kesehatan terbukti dengan meningkatnya Angka Harapan Hidup (AHH). Selain itu, Sijunjung juga merupakan menjadi salah satu kabupaten/kota yang menerima penghargaan tertinggi di bidang kesehatan yaitu swastisaba wistara.

Menteri Kesehatan mendukung rencana RS Pratama sebagai pusat layanan kesehatan ibu dan anak untuk Sumatera Bagian Tengah dan berjanji untuk mengalokasikan pemenuhan alat kesehatan sebesar Rp40-60 M pada tahun 2025.

“Ini tentu tidak hanya untuk RS Pratama, melainkan untuk pusat-pusat layanan kesehatan di Kabupaten Sijunjung, sehingga akan semakin lengkap memiliki alat-alat kesehatan,” pungkasnya.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT