banner pemkab muba
Nasional

Luar Biasa! Pendapatan Negara Capai Rp 3,4 Miliar dari Hasil Ekspor di PLBN Badau, Kalbar

297
×

Luar Biasa! Pendapatan Negara Capai Rp 3,4 Miliar dari Hasil Ekspor di PLBN Badau, Kalbar

Sebarkan artikel ini
Plbn Badau, Kalbar
PLBN Badau, Kalbar. (f/ist)

Mjnews.id – Capaian pendapatan negara dari ekspor di Pos Lintas Batas Negara/PLBN Badau, perbatasan Indonesia-Malaysia, telah mencapai angka yang mengesankan. Bea Cukai Nanga Badau, di Kecamatan Badau, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, berhasil mencatatkan prestasi luar biasa dengan mencapai pendapatan negara sebesarRp3,47 miliar dengan volume 56,1 ton berupa hasil pertanian dan perikanan sejak Januari hingga Juni 2023.

Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, dengan rasa bangga dan senang mengungkapkan prestasi ini. “Ini menunjukkan bahwa upaya Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara membuahkan hasil yang nyata,” ujar Prof. Zudan Arif Fakrulloh dalam pernyataannya pada Rabu, 6 September 2023.

Prestasi luar biasa ini tak hanya menjadi pencapaian Bea Cukai Nanga Badau semata, tetapi juga mencerminkan kolaborasi antara berbagai instansi, termasuk BNPP dan pihak terkait lainnya.

Zudan berharap bahwa program-program seperti pojok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta klinik ekspor akan terus ditingkatkan melalui kegiatan asistensi bagi pelaku usaha dan UMKM. Tujuannya adalah untuk menggali potensi ekspor komoditas unggulan lainnya, seperti madu, kayu olahan, karet, ikan arwana, dan potensi lainnya.

“Kerjasama antara BNPP, Bea Cukai, dan instansi terkait lainnya harus terus ditingkatkan untuk memberikan kemudahan persyaratan, perizinan, dan percepatan pelayanan ekspor di perbatasan,” ujar Pj Gubernur Sulbar itu.

Sebelumnya, Kepala Bea Cukai Nanga Badau, Heri Purwanto, mengatakan selama semester pertama tahun 2023, dari bulan Januari hingga Juni, mereka berhasil mencatatkan pendapatan negara sebesar Rp 3.473.532.049 dari ekspor produk perikanan dan pertanian.

“Produk pertanian dan perikanan Kapuas Hulu cukup menjanjikan untuk menembus pasar global di perbatasan, masyarakat harus bisa membaca peluang ini,” kata Kepala Bea Cukai Nanga Badau Heri Purwanto di Kapuas Hulu, Rabu (6/9/2023).

Disampaikan Heri, sejumlah produk perikanan yang mendominasi dalam kegiatan ekspor yaitu ikan air tawar seperti jelawat, semah dan seladang. Sedangkan, hasil pertanian berupa tanaman lada dan hasil pertanian lainnya seperti sayur-sayuran.

Menurut dia, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui kegiatan ekspor perlu peran aktif dan kerja sama semua pihak instansi dan lembaga terkait termasuk Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dalam mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk terus menggali dan mengembangkan potensi yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu.

“Dari realisasi ekspor tersebut menunjukkan adanya geliat ekonomi masyarakat di perbatasan, sehingga perlu komitmen bersama untuk mendukung pelaku usaha agar tembus ke pasar global di perbatasan,” kata Heri.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600