Nasional

Gempa Bumi Tektonik Guncang Aceh Besar dengan Kekuatan M5

171
×

Gempa Bumi Tektonik Guncang Aceh Besar dengan Kekuatan M5

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Gempa
Ilustrasi gempa.

Mjnews.id – Gempa Bumi Tektonik dengan kuatan Magnitudo (M) 5,0 mengguncang Samudera Hindia Pantai Sumatera Aceh Besar pada Selasa 7 November 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan Gempa Bumi tersebut terjadi pada pukul 04:12 WIB di wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera Aceh Besar.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Aceh diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,1,” ucap Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, di Jakarta, Selasa 7 November 2023.

BMKG menyebut Episenter Gemp bumi itu terletak pada koordinat 5,24 Lintang Utara, 94,25 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 124 Km arah Barat Daya Kota Banda Aceh, Aceh pada kedalaman 40 km.

Sementara itu, dalam laporan BMKG bahwa jenis dan mekanisme Gempa Bumi ini dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, merupakan jenis Gempa Bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme sesar naik (thrust fault), Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Banda Aceh dan Aceh Besar dengan skala intensitas II-III MMI.

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu, Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini, tidak berpotensi tsunami,” pungkas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono.

(eki)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT