Parlemen

Cak Imin Sebut Food Estate Gagal, Ini Kata Legislator

133
×

Cak Imin Sebut Food Estate Gagal, Ini Kata Legislator

Sebarkan artikel ini
Anggota Baleg Dpr Ri, Firman Soebagyo
Anggota Baleg DPR RI, Firman Soebagyo. (f/dpr)

Mjnews.id – Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyebut proyek food estate terbukti gagal dalam menjawab pertanyaan soal melambungnya harga bahan pokok terutama beras.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi IV DPR, Firman Soebagyo menilai food estate menjadi sebuah keniscayaan kalau dikelola secara profesional, justru program food estate kalau dikelola dengan sistem pemerintah pasti gagal.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Firman pun memberikan contoh misalnya PT Perkebunan, karena terlalu banyak campur tangan pemerintah, nyaris tidak ada satupun yang berhasil.

“Karena itu, konsep food estade menjadi sebuah keniscayaaan dan Pemerintah harus banyak belajar dari negara maju, di mana semua food estae yang dikelola secara peofesional bisnis justru berhasil bukan dikendalikan pemerintah seharusnya jadi fasilitator saja,” tegas Firman, Sabtu 30 September 2023.

Sebelumnya, Cak Imin sesumbar mengatakan food estate atau lumbung pangan nasional terbukti gagal. Dia menilai perlu ada manajemen bisnis pangan raksasa nasional untuk mengatasi persoalan pangan.

Mulanya, Cak Imin menyinggung produktivitas pangan bukan digerakkan melalui food estate. Dia menyebut peningkatan produktivitas pangan bisa melalui pengorganisasian manajemen pengelolaan tani yang lebih besar dan dipimpin oleh pemerintah.

“Kita harus bergeser, produktivitas pangan ini harus digerakkan secara masif, bukan melalui food estate, tetapi melalui peningkatan produktivitas lahan dan tanah milik rakyat dan petani. Dengan cara pengorganisasian manajemen pengelolaan tani yang lebih besar dan dipimpin oleh pemerintah, pemilik tanah kecil bisa digabungkan dalam satu koordinasi seperti pengelolaan perusahaan dan pemerintah yang memimpin,” kata Cak Imin.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT