Kabupaten AgamKulinerSumatera Barat

Buka Pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner, Ini Harapan Bupati Agam

195
×

Buka Pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner, Ini Harapan Bupati Agam

Sebarkan artikel ini
Pelatihan Peningkatan Inovasi Dan Higienitas Sajian Kuliner
Pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner. (f/ist)

Mjnews.id – Bupati Agam, Andri Warman buka Pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner di Homestay Tabek Mandi Sikabu, Kecamatan IV Koto, Selasa (20/6/2023).

Pembukaan kegiatan tersebut ditandai dengan pemasangan kokarde secara simbolis kepada peserta pelatihan.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Agam diwakili Sekretaris Disparpora Ade Setiawan menyampaikan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka untum meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kemampuan para pengelola kuliner dalam melakukan inovasi dan meningkatkan higienitas sajian kuliner.

“Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan nilai jual dari kuliner itu sendiri,” ujarnya.

Dijelaskan, kegiatan itu diikuti 40 peserta yang terdiri dari unsur pengelola usaha kuliner atau karyawan di bidang usaha jasa makanan dan minuman.

“Pelatihan ini akan kita lakukan dengan beberapa metode yakni penyampaian materi, diskusi dan kerja kelompok serta praktik yang dilaksanakan dari tanggal 20 sampai 23 Juni 2023, “katanya.

Bupati Agam menyampaikan apresiasi dan dukungan atas kegiatan tersebut.

Menurutnya, kuliner memiliki peranan penting dalam industri pariwisata, sebab sebagian besar pengeluaran wisatawan adalah untuk kuliner dan menjadi daya tarik untuk mendatangkan wisatawan.

“Wisata kuliner di Kabupaten Agam memiliki potensi yang luar biasa. Keanekaragaman dan keunikan kuliner daerah yang bersumber dari budaya merupakan kekayaan harus terus kita tingkatkan dan dilestarikan,”ujarnya.

Ditambahkan, menyebutkan beberapa contoh kuliner khas Kabupaten Agam yang sudah banyak dikenal wisatawan seperti nasi kapau, gulai itiak lado hijau, gulai kapalo lauak tiku, randang paku jo pensi, cubadak kicuah dan jenis kuliner lainnya.

“Pemkab Agam, akan terus berupaya memberi dukungan dan perlindungan agar wisata kuliner berkembang mampu bersaing,” ulasnya.

Bupati Agam juga mengingatkan, tahun 2022 kuliner Kabupaten Agam berhasil meraih Anugerah Pesona Indonesia (API) Award kategori makan tradisional yang diraih nasi kapau.

“Selain itu, tahun 2023 ini kita juga telah meraih prestasi dibidang wisata yaitu, termasuk Desa Wisata Lawang Kecamatan Matur dalam 75 Desa Wisata Terbaik pada ajang Aungerah Desa Wisata (ADWI) 2023,” katanya.

Selanjutnya, kepada peserta Bupati Agam berharap, melalui pelatihan tersebut peserta mampu memahami pentingnya inovasi dan higienitas dalam sajian kuliner.

“Mudah-mudahan melalui pelatihan ini kualitas kuliner di Kabupaten Agam bisa lebih meningkat dan dapat bersaing di kancah Nasional dan Internasional,“ harapnya.

(jef)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT